Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Aktivitas di Masjid Agung Sunda Kelapa, Ada Wisata Kuliner

Kompas.com - 06/04/2023, 15:15 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika biasanya suatu masjid identik dengan megahnya kubah di bagian atap bangunan, lain halnya dengan Masjid Agung Sunda Kelapa yang justru dibangun tanpa kubah.

"Arsitek yang mendesain bangunan ini yaitu seorang insinyur muda bernama Gustaf Abbas. Ia yang merancang desain Masjid Salman ITB (Institut Teknologi Bandung)," kata Sekretariat Masjid Agung Sunda Kelapa M Reno Fathur Rahman kepada Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Sejarah Masjid Sunda Kelapa, Masjid Tanpa Kubah di Menteng

Keunikan bangunan masjid dan sejarah panjang perjuangan pembangunan masjid ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain beribadah, wisatawan yang datang ke Masjid Agung Sunda Kelapa bisa mencoba aktivitas lainnya.

Aktivitas di Masjid Agung Sunda Kelapa

Berikut ini Kompas.com rangkum aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di Masjid Agung Sunda Kelapa:

1. Wisata kuliner

Di sekitar kawasan Masjid Agung Sunda Kelapa, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menawarkan aneka kuliner. Kamu bisa mampir dan mencoba beberapa makanan atau minuman.

Kawasan kuliner di sekitar Masjid Agung Sunda Kelapa.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Kawasan kuliner di sekitar Masjid Agung Sunda Kelapa.

"Kita memang terkenal dengan wisata kulinernya. Memang ada space khusus untuk kulineran," kata Reno.

Kawasan kulineran ini tidak hanya ada di depan gerbang dekat jalan raya sebelum masuk kawasan masjid. Tetapi juga ada di dalam kawasan masjid, tepatnya di area kantin.

Baca juga: Masjid Agung Sunda Kelapa di Jakarta: Jam Buka dan Aturan Berkunjung

Jika berkunjung pada malam hari dan cuaca sedang tidak hujan, kawasan kantin ini sepertinya akan tampak menarik karena dihiasi oleh lampu taman.

2. Tur wisata religi

Ketahui sejarah panjang perjuangan para pendahulu dalam membangun Masjid Agung Sunda Kelapa ini dalam kegiatan tur wisata religi.

Ruang ibadah Masjid Agung Sunda Kelapa tanpa tiang penyangga kubah.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Ruang ibadah Masjid Agung Sunda Kelapa tanpa tiang penyangga kubah.

Wisatawan yang ingin didampingi oleh pengurus masjid untuk keliling masjid, bisa menghubungi pengurus terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Baca juga: Mencicipi Gado-gado Pak Wahyu, Kuliner Legendaris Hidden Gem di Menteng

"Kalau mereka (wisatawan) datang bersurat, kita akan siapkan pemandu. Terkadang ada beberapa yang datang tiba-tiba," ujar Reno.

3. Main basket

Pengunjung juga bisa bermain basket. Namun, tentunya di area yang disediakan. Di samping bangunan Masjid Agung Sunda Kelapa, terdapat sebuah lapangan basket yang bisa digunakan masyarakat umum.

Lapangan basket di Masjid Agung Sunda Kelapa.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Lapangan basket di Masjid Agung Sunda Kelapa.

"Dulu ada remaja masjid, dan salah satu kegiatannya adalah basket. Kadang lapangan basket ini juga sering dipinjam oleh sekolahan," katanya.

Jika masyarakat umum ingin main basket di sini, sebaiknya menghubungi pengurus untuk tanggal pemakaian lapangan basket.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata Kemerdekaan di Menteng Jakarta

Hal ini dilakukan supaya jadwal pemakaian lapangan tidak bersamaan dengan pengunjung lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com