Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ruang Kreatif Baru di Jakarta, Bisa untuk Nongkrong Santai

Kompas.com - 11/06/2023, 13:55 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah ruang kreatif untuk tempat berkumpul warga ibukota, Jakarta Creative Zone, resmi diluncurkan oleh Jakarta Experience Board/ PT Jakarta Tourisindo (Perseroda) pada hari ini, Minggu (11/6/2023).

Jakarta Creative Zone by JXB edisi Riverview merupakan proyek perdana creative zone yang berlokasi di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

“Jakarta Creative Zone edisi Riverview, adalah zona kreatif yang ditujukan untuk masyarakat termasuk turis, daily commuter, pesepeda, maupun pejalan kaki di Jakarta,” ujar Direktur Utama Jakarta Experience Board Novita Dewi, dalam peresmian di Jakarta, Minggu (11/6/2023).

Baca juga:

Pada tahap pertama, Jakarta Creative Zone by JXB Edisi Riverview telah terbangun sepanjang 150 meter.

“Kemudian akan dilanjutkan pembangunan ke fase kedua yang akan diperpanjang sejauh 600 meter ke arah stasiun Karet,” imbuh Novita.

Lokasi persis Creative Zone-Riverview dapat ditemukan di Banjir Kanal Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tepatnya di samping Stasiun BNI City.

Jakarta Creative Zone-Riverview dilengkapi dengan smart glass toilet, area kuliner, serta ruang interaksi sebagai tempat aktivasi kreatif di ruang publik.

Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, zona kreatif ini berupaya mengakomodasi kebutuhan masyarakat terutama mereka yang berkantor dan berkegiatan di tengah kota Jakarta.

“Saya berharap Riverview Creative Zone by JXB menjadi tempat dimana ide-ide ide luar biasa hadir dan berkembang. Saya berharap tempat ini menjadi wadah yang memberikan pengaruh positif bagi perekonomian lokal,” kata Andhika.

Area Jakarta Creative Zone-Riverview di Sudirman, Jakarta Pusat, yang terdiri dari tempat duduk-duduk, tenant kuliner, dan tempat berkreasi, seperti dikunjungi Kompas.com, Minggu (11/6/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Area Jakarta Creative Zone-Riverview di Sudirman, Jakarta Pusat, yang terdiri dari tempat duduk-duduk, tenant kuliner, dan tempat berkreasi, seperti dikunjungi Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Ke depannya, kata Novita, Jakarta Creative Zone by JXB juga akan hadir di berbagai lokasi di Jakarta, mengusung beragam tema kreatif dan berkolaborasi dengan komunitas lokal.

“Jakarta Creative Zone by JXB juga diharapkan dapat mendukung citra Jakarta sebagai kota global yang modern, kreatif, dan inklusif,” jelas Novita.

Baca juga: 10 Wisata Edukasi di Jakarta, Cocok Buat Libur Sekolah 

Fasilitas dan area

Jakarta Creative Zone-Riverview dilengkapi dengan fasilitas smart glass toilet, yang dirancang terlihat transparan dari luar namun kaca akan menjadi buram ketika toilet digunakan.

Smart glass toilet di Jakarta Creative Zone-Riverview di Sudirman, Jakarta Pusat, seperti dikunjungi Kompas.com, Minggu (11/6/2023). Smart glass toilet di Jakarta Creative Zone-Riverview di Sudirman, Jakarta Pusat, seperti dikunjungi Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Pembangunan smart glass toilet ini berangkat dari kebutuhan masyarakat dan wisatawan terhadap fasilitas sanitasi yang bersih, nyaman, dan terjangkau.

Dengan biaya Rp 5.000, masyarakat dapat menggunakan fasilitas smart glass toilet ini. Sistem pembayaran dapat dilakukan dengan uang elektronik seperti QRIS dan juga uang tunai.

Baca juga: Panduan Lengkap Mencoba Toilet Transparan ala Jepang di Jakarta

Jakarta Creative Zone-Riverview juga menyediakan area kuliner, area duduk, serta berkumpul, sehingga fasilitas ini dapat menjadi ruang interaksi bagi komunitas maupun masyarakat umum.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com