Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah di Balik Mobil Pertama Presiden Indonesia, Hasil Curian

Kompas.com - 20/06/2023, 06:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain menyimpan beragam peninggalan sejarah Pemuda Menteng 31 dalam memperjuangkan kemerdekaan, Museum Joang 45 nyatanya juga menyimpan mobil asli milik presiden pertama Indonesia, yakni presiden Soekarno.

"Mobil dinas REP 1 milik presiden Soekarno yang ada di Museum Joang 45 itu asli, dan sampai sekarang masih berfungsi dengan baik," kata pemandu Museum Joang 45 Muslim saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Selasa (13/6/2023).

Mobil REP 1 ini merek Buick buatan Amerika Serikat (AS) tahun 1939 dan dulu digunakan oleh Ir Soekarno untuk tugas kenegaraan.

Baca juga:

Namun, siapa sangka mobil mewah yang menjadi tumpangan presiden Indonesia ini diperoleh dari hasil curian. Seperti apa kisahnya?

Mobil hasil curian 

Muslim menceritakan bahwa pascakemerdekaan 1945, Indonesia masih menjadi negara baru dan keadaan perekonomian pada saat itu belum stabil.

Maka, kata Muslim, keadaan ini tentu belum bisa memumpuni Indonesia untuk membeli transportasi yang akan ditumpangi oleh seorang presiden.

Sampai suatu hari, ketika Sudiro, salah satu teman baik Bung Karno, lewat di depan kantor Departemen Perhubungan Jepang, ia melihat sebuah mobil mewah terparkir di halaman.

Baca juga:

"Pak Sudiro ini dulu sempat bekerja di Jawa Hokokai. Setelah Jawa Hokokai dibubarkan, Sudiro belum mengambil upahnya sekitar lima sampai enam bulan," kata Muslim.

Upah Sudiro di Jawa Hokokai pada saat itu sekitar Rp 250 per bulan, dan momen pertama kali Sudiro melihat mobil mewah tersebut ialah setelah Sudiro pulang mengambil upah di kantor Jawa Hokokai.

Pada momen tersebut Sudiro langsung masuk kawasan Departemen Perhubungan Jepang dan hendak berbincang dengan supir yang mengendarai mobil tersebut. Kebetulan, kata Muslim, supir tersebut merupakan orang Indonesia asal Kebumen bernama Ngadiman.

Mobil milik Wakil Presiden Republik Indonesia pertama, Moh. Hatta, yang terparkir di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Mobil milik Wakil Presiden Republik Indonesia pertama, Moh. Hatta, yang terparkir di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat.

"Sudiro mengajak bicara Pak Ngadiman, dan memberikan Pak Ngadiman uang sekitar Rp 300 untuk pulang kampung. Pak Ngadiman mau dan kunci mobil tersebut dipegang oleh Sudiro," papar Muslim.

Mengingat mobil mewah tersebut merupakan mobil keluaran terbatas, maka Sudiro tidak bisa mengendarainya.

Alhasil, Sudiro meminta bantuan seorang sahabat bernama Arif untuk mengendarai mobil tersebut ke rumah Ir Soekarno di Jalan Pegangsaaan Timur Nomor 56.

Baca juga:

"Kawasan rumah Soekarno pada masa itu masih berupa hutan dan sepi, jadi kalau ada suara mobil yang datang pasti akan terdenga jelas," katanya.

Mendengar suara mesin mobil melaju rumahnya dari kejauhan, kata Muslim, Ir Soekarno pun keluar rumah karena penasaran siapa gerangan orang penting yang berkunjung ke rumahnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com