Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang Idul Adha 2023, Bandara Bali dan Makassar Beroperasi 24 Jam

Kompas.com - 27/06/2023, 19:38 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Tiga bandara di Indonesia akan beroperasi selama 24 jam selama periode libur panjang Idul Adha 2023/1444 Hijriah, tepatnya dari Rabu (28/6/2023) hingga Minggu (2/7/2023).

Ketiga bandara tersebut adalah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali; Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara; dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga:

"Kami memprediksi bandara Angkasa Pura I yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar akan menjadi bandara dengan trafik yang sibuk selama periode ini," kata Pejabat Pengganti Sementara Direktur Utama PT Angkasa Pura I Lukman F. Laisa, lewat keterangan resmi, Selasa (27/6/2023).

Ia melanjutkan, Bandara I Gusti Ngurah Rai diprediksi akan melayani pergerakan penumpang tertinggi di antara bandara-bandara PT Angkasa Pura I selama periode tersebut.

Baca juga: Libur Idul Adha, Tingkat Okupansi Hotel di Sumatera Utara Naik hingga 80 Persen

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.Dok. Shutterstock/ondol Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Adapun kebijakan terkait jam operasional ini dilakukan guna mengantisipasi tingginya potensi lonjakan trafik pergerakan pesawat dan penumpang selama periode libur panjang.

Tidak hanya itu, terdapat kemungkinan bandara-bandara lainnya akan menyesuaikan jam operasional jika diperlukan atau menyesuaikan permintaan dari maskapai penerbangan.

Baca juga:

Sebagai informasi, PT Angkasa Pura I memprediksi akan melayani lebih dari satu juta penumpang pada periode libur panjang Idul Adha 2023/1444 Hijriah.

Sementara itu, puncak arus pergerakan penumpang akan terjadi pada Rabu (28/6/2023) esok.

Baca juga: Mengapa Idul Adha di Kudus Tidak Menyembelih Sapi? Simak Sejarahnya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com