Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Jember dari Jakarta, Bisa Naik Kereta Api Tanpa Transit

Kompas.com - 10/07/2023, 18:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Jember, Jawa Timur punya kekayaan sumber daya alam dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu destinasi wisata yang cukup dikenal di Jember yaitu pantai. Beberapa oantai di Jember yang menarik untuk dikunjungi seperti Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma), Pantai Payangan, dan Pantai Watu Ulo.

"Kami punya bermacam-macam paket wisata di Jember, paket wisata ini tergantung berapa lama di Jember," kata Bupati Kabupaten Jember Hendy Siswanto dalam program Nusaraya di gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Jember? 

Cara menuju Jember

Hendy melanjutkan, akses transportasi menuju Jember terbilang cukup mudah. Caranya dengan mengakses kereta api jarak jauh eksekutif dari Jakarta menuju Jember.

"Paling gampang sebenarnya naik kereta api eksekutif Pandalungan. Kereta ini bisa diakses di Stasiun Gambir dan menuju ke Jember tanpa transit," kata Hendy.

Stasiun Gambir, akses transportasi dari Jakarta menuju Jember.SHUTTERSTOCK/KRISMAWAN TRI NUGROHO Stasiun Gambir, akses transportasi dari Jakarta menuju Jember.

Adapun waktu tempuh perjalanan menggunakan kereta api dari Jakarta menuju Jember yakni sekitar 14 jam 40 menit.

Dilansir dari laman pemesanan tiket KAI, harga tiket kereta api kelas eksekutif Pandalungan yakni mulai dari Rp 600.000 per orang.

Baca juga: Ada WiFi Gratis di Alun-alun Jember, Ini Cara Aksesnya

Apabila dalam waktu dekat hendak naik kereta api ke Jember, kereta yang tersedia berangkat dari Stasiun Gambir pada malam hari sekitar pukul 20.05 WIB dan dijadwalkan tiba di Jember keesokan harinya sekitar pukul 10.45 WIB.

"Setibanya di Stasiun Jember, wisatawan bisa jalan kaki sekitar 5 menit ke alun-alun pusat kota. Di alun-alun banyak kuliner yang bisa dicoba oleh wisatawan," kata Hendy.

Sementara untuk wisatawan yang hendak keliling Jember, bisa datang ke Jember Kampung Kreatif untuk mendapatkan akses bus gratis.

Opsi kereta api jarak jauh kelas ekonomi

Naik kereta api kelas ekonomi bisa dipilih untuk wisatawan yang punya banyak waktu selama diperjalanan, dan ingin mendapatkan harga ongkos termurah dari Jakarta menuju Jember.

Dari beberapa situs resmi agen perjalanan, wisatawan bisa naik kereta api arak jauh Jayakarta 218 dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Surabaya Gubeng.

Perkiraan harga tiketnya sekitar Rp 320.000 per orang.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gubeng Surabaya

Perjalanan dengan menumpangi rute ini memakan waktu sekitar 13 jam 6 menit.

Setelah sampai di Stasiun Surabaya Gubeng, perjalanan dilanjutkan menuju Stasiun Jember dengan menumpangi KA Logawa 212. Perjalanan rute ini memakan waktu sekitar 4 jam 8 menit.

Dari berapa situs resmi agen perjalanan, harga tiket kereta api kelas Ekonomi dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Stasiun Jember yakni sekitar Rp 135.000 per orang.

Jadi, total biaya yang diperlukan untuk naik kereta kelas ekonomi dari Jakarta ke Jember yakni sekitar 455.000 per orang, dengan total waktu perjalanan sekitar 17 jam 14 menit.

@kompastravel Yang mau hemat budget buat jalan-jalan ke Bandung, sini merapat! Cuman Rp 16.000. Murah banget kan? Tapi ya harus kuat-kuat fisik untuk transit kereta dan waktu tempuh yang terhitung lebih lama.. Ya estimasi perjalanan kurang lebih 9 jam perjalanan. Buat kamu tim ransel alias backpackeran, udah pernah nyoba belum nihh?? Yuk, ngobrol di kolom komentar. #mudiklebaran #keretabandungmurah #explorebandung ? Bandung - Yura Yunita
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com