Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bandara di Indonesia yang Punya Layanan Kereta

Kompas.com - 10/07/2023, 23:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com -  Sejumlah bandara udara (bandara) di Indonesia sudah bisa diakses menggunakan kereta bandara. Selain menghindari kemacetan, kehadiran kereta bandara tersebut tentunya dapat mempersingkat jarak tempuh dari titik keberangkatan menuju bandara.

Operator kereta bandara adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, beserta anak usaha. Semua bandara yang memiliki layanan kereta adalah bandara internasional yang berada di sejumlah kota besar di Indonesia.

Baca juga:

Lantas, apa saja bandara di Indonesia yang punya layanan kereta? Berikut daftarnya seperti dihimpun Kompas.com dari laman Instagram resmi Kementerian Perhubungan, @kemenhub151.

1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang

Kereta bandara di Stasiun Batu Ceper.Shutterstock Kereta bandara di Stasiun Batu Ceper.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta menghubungkan penumpang dari Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang dan sebaliknya.

Dalam perjalanannya, kereta Bandara Soekarno-Hatta melalui lima stasiun pemberhentian. Secara berurutan, kelima stasiun pemberhentian kereta Bandara Soetta itu meliputi: Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Selain melayani perjalanan menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, penumpang juga bisa memanfaatkan layanan kereta bandara antar stasiun pemberhentian.

Harga tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta 2023 untuk kelas eksekutif mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 70.000. Sedangkan, tiket kereta Bandara Soekarno-Hatta 2023 kelas premium Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

2. Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali

Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) atau dikenal dengan kereta Bandara Solo, menghubungkan rute Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Klaten, menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, dan sebaliknya.

Rencananya, rute kereta Bandara Solo akan diperpanjang hingga ke Purworejo dan Yogyakarta, seperti dikutip dari Kompas.com (6/7/2023).

Harga tiket kereta Bandara Solo mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 15.000 per orang. Sementara, waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit hingga 1 jam, bergantung dari jarak tempuh.

Baca juga:

3. Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman 

Bandara Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.Instagram @djpu_151 Bandara Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Layanan kereta yang melayani perjalanan menuju Bandara Internasional  Minangkabau adalah KA Minangkabau Ekspres. Kereta yang beroperasi mulai 2018 ini, menghubungkan rute Stasiun Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau.

Waktu tempuh perjalanan KA Minangkabau Ekspres sekitar 30 menit, atau lebih singkat dibandingkan dengan moda transportasi jalan raya yakni 45 menit hingga 1 jam pada akhir pekan.

Terdapat empat stasiun pemberhentian kereta api bandara ini, yakni: Stasiun Padang, Stasiun Tabing, Stasiun Duku, dan Bandara Internasional Minangkabau.

Adapun harga tiket KA Minangkabau Ekspres mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang, bergantung dari rutenya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com