Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Beda Kereta Bandara YIA Xpress dan Reguler, Ada Harga dan Rute

Kompas.com - 13/07/2023, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kereta bandara Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) telah menambah layanan baru, yakni kereta bandara YIA Xpress, yang mulai beroperasi pada Kamis (6/4/2023). Lantas apa beda kereta bandara YIA Xpress dan reguler

Kereta bandara YIA menjadi salah satu moda transportasi yang menghubungkan penumpang dari stasiun Stasiun Yogyakarta menuju Bandara YIA di Kulon Progo, dan sebaliknya.

Baca juga:

Waktu tempuh menggunakan kereta bandara YIA sekitar 39 menit. Durasi itu jauh lebih singkat dibandingkan moda transportasi jalan raya, sekitar 90 menit hingga 1,5 jam.

Moda transportasi massa ini pertama kali beroperasi pada September 2021 lalu.

Beda kereta bandara YIA Xpress dan reguler

Berikut beda kereta bandara YIA Xpress dan reguler, seperti dihimpun Kompas.com dari website dan akun Instagram resmi, PT Railink, selaku operator kereta bandara YIA.

Jadwal lengkap KA Bandara YIA Express, waktu tempuh ke Yogyakarta hanya 35 menitDok.KA Bandara YIA Express Jadwal lengkap KA Bandara YIA Express, waktu tempuh ke Yogyakarta hanya 35 menit

1. Harga tiket 

Perbedaan kereta bandara YIA Xpress dan reguler yang pertama adalah dari sisi tarif. Harga tiket kereta bandara YIA Xpress lebih mahal dibandingkan kereta bandara YIA reguler.

Harga tiket kereta bandara YIA Xpress untuk relasi Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, dan sebaliknya adalah Rp 50.000 per orang.

Sementara, harga tiket kereta bandara YIA reguler untuk relasi serupa yakni Rp 20.000 per orang. Harga tiket tersebut adalah tarif terbaru kereta bandara YIA mulai 1 Juni 2023.

2. Kapasitas 

Perbedaan kereta bandara YIA Xpress dan reguler selanjutnya adalah dari segi kapasitas. Kapasitas kereta bandara YIA Xpress adalah 100 persen, sehingga semua penumpang mendapatkan tempat duduk.

Sedangkan, kapasitas kereta bandara YIA reguler adalah 120 persen. Jadi, selain duduk di kursi, penumpang kereta bandara YIA reguler boleh berdiri.

Baca juga:

3. Pilih kursi 

Interior di dalam Kereta Bandara YIA.KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Interior di dalam Kereta Bandara YIA.

Penumpang kereta bandara YIA Xpress dapat memilih dan mengganti tempat duduk. Sebaliknya, penumpang kereta bandara YIA reguler tidak bisa memilih dan mengganti kursi.

4. Ganti jadwal

Selain memilih dan mengganti kursi, penumpang kereta bandara YIA Xpress juga dapat mengganti jadwal. Batas perubahan jadwal kereta bandara YIA Xpress adalah H-1 sebelum keberangkatan.

Sedangkan, penumpang kereta bandara YIA reguler tidak bisa mengganti jadwal.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com