Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal dan Rute Kirab Pusaka Istana Mangkunegaran Saat Malam 1 Suro 2023

Kompas.com - 18/07/2023, 10:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kota Surakarta atau Solo di Jawa Tengah, jadi salah satu tujuan yang tepat untuk menyaksikan tradisi Malam 1 Suro atau malam pergantian tahun baru Hijriah 1 Muharram.

Itu karena di Kota Surakarta, tradisi menyambut datangnya tahun baru Hijriah tersebut masih dilestarikan hingga kini.

Adapun tradisi yang masih bisa disaksikan oleh masyarakat umum adalah acara Kirab Pusaka yang digelar Keraton Surakarta Hadiningrat dan Istana Mangkunegaran.

Baca juga: Apakah Dilarang Menikah Saat Bulan Suro? Ini Penjelasannya 

Acara ini kembali digelar dan bisa disaksikan masyarakat umum usai sempat digelar secara terbatas akibat pandemi Covid-19 pada 2020 dan 2021.

Jika ingin menyaksikan acara Kirab Pusaka yang tidak terlalu malam, masyarakat bisa memilih acara yang diadakan Istana Mangkunegaran.

Jadwal dan rute Kirab Pusaka Istana Mangkunegaran

Kepastian seputar acara Kirab Pusaka tersebut sudah Kompas.com konfirmasi dengan pihak Istana Mangkunegaran.

"Kirab Pusaka Dalem menyambut 1 Suro Jimawal 1957 diadakan pada Selasa Kliwon, 18 Juli 2023," kata Humas Mangkunegaran Joko Pramudya dilansir dari Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Keluarga Dalem Puro Mangkunegaran mengikuti Kirab Pusaka 1 Suro, tahun 2019.www.puromangkunegaran.com Keluarga Dalem Puro Mangkunegaran mengikuti Kirab Pusaka 1 Suro, tahun 2019.

Sementara itu dikutip dari laman resmi Pura Mangkunegaran, acara Kirab Pusaka akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Rute kirab adalah mengitari Istana Mangkunegaran. Dari Istana Mangkunegaran, rombongan  keluar melalui pintu selatan di Jalan Ronggowarsito, lalu belok kanan menuju perempatan Atria.

Baca juga: 7 Tradisi Peringatan Satu Suro di Jawa, Kirab hingga Jamasan

Selanjutnya, rombongan kirab belok kanan melintasi Jalan RM Said dan Jalan Teuku Umar dan belok kanan di perempatan Ronggowarsito.

Rombongan kirab kemudian masuk kembali ke Istana Mangkunegaran melalui pintu selatan yang sama seperti ketika berangkat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com