Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirab Pusaka Istana Mangkunegaran Sambut Satu Suro Digelar 18 Juli 2023

Kompas.com - 17/07/2023, 16:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah akan menyelenggarakan kirab pusaka dalem dalam rangka menyambut tahun baru Jawa 1 Suro pada Selasa (18/7/2023) malam.

Kirab rencananya dimulai pukul 19.00 WIB dengan mengirab pusaka dalem mengelilingi Pura Mangkunegaran.

"Ya betul. Kirab pusaka dalem menyambut 1 Suro Jimawal 1957. Diadakan pada Selasa Kliwon, 18 Juli 2023," kata Humas Mangkunegaran Joko Pramudya kepada Kompas.com, Senin (17/7/2023). 

Baca juga: Pengunjung Pura Mangkunegaran Naik 2 Kali Lipat Selama Libur Sekolah

Sebagai informasi, malam satu Suro merupakan hari pertama dalam kalender Jawa pada bulan Sura atau Suro. Malam satu Suro bertepatan dengan tanggal 1 Muharam dalam kalender Hijriah.

Malam satu Suro ini seringkali dirayakan dengan berbagai tradisi. Seperti di Solo, misalnya, malam satu Suro dirayakan dengan kirab pusaka yang digelar oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Tradisi malam satu Suro

Kirab pusaka yang sering diadakan untuk merayakan malam satu suro, adalah berupa ritual iring-iringan rombongan masyarakat. Banyak juga yang ramai-ramai pergi ke tempat-tempat yang dianggap sakral dan keramat.

Sebab, malam satu Suro juga dipercaya sebagai malam yang sakral, seperti dikutip dari Kompas.com (12/7/2023). 

Baca juga: Apakah Dilarang Menikah Saat Bulan Suro? Ini Penjelasannya 

Malam satu Suro dimulai ketika Sultan Agung menginginkan rakyatnya bersatu untuk menggempur Belanda di Batavia. Untuk menghindari perpecahan, Sultan Agung menyatukan kelompok santri dengan abangan.

Mereka menggelar pengajian bersama dengan penghulu kabupaten dan melapor ke pemerintahan setempat setiap Jumat legi.Tak hanya itu, mereka juga melakukan ziarah kubur dan haul ke makam Ngampel dan Giri.

Pusaka dalem dikirab dalam rangka menyambut tahun baru Jawa 1 Suro di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Temgah, pada Jumat (29/7/2022) malam.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Pusaka dalem dikirab dalam rangka menyambut tahun baru Jawa 1 Suro di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Temgah, pada Jumat (29/7/2022) malam.

Oleh karena itu, 1 Suro atau 1 Muharam dikeramatkan di beberapa daerah di Jawa. Mereka yang melakukan kegiatan lain selain mengaji, ziarah, dan haul dianggap akan sial.

Sedangkan untuk sebagian masyarakat, malam satu Suro dilarang berpergian kecuali untuk berdoa ataupun melakukan ibadah lain. 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com