Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Bandara Kertajati dari Bandung Bisa Naik DAMRI, Ini Tarifnya

Kompas.com - 17/07/2023, 14:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operasional penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung akan dialihkan ke Bandara Internasional Kertajati pada Oktober 2023.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Bandara Internasional Kertajati, Selasa (11/7/2023).

Seiring perpindahan bandara, mobilitas menuju Bandara pun menjadi hal utama yang diperlukan masyarakat.

Baca juga: Dari Bandung, Lebih Baik Terbang dari Bandara Kertajati atau Soekarno-Hatta?

Selain menumpangi kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa naik transportasi umum, seperti DAMRI dan shuttle bus ke Bandara Kertajati dengan tarif yang telah ditetapkan oleh masing-masing agen perjalanan.

Berikut tarif Damri dan shuttle bus ke Bandara Internasional Kertajati yang diberlakukan untuk umum.

Tarif DAMRI ke Bandara Internasional Kertajati

Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima dari Manager Usaha DAMRI Bandung Maralam, tarif DAMRI ke Bandara Internasional Kertajati dari Bandung harganya mulai dari Rp 110.000 per orang.

Bus baru DAMRI Instagram @karoserigunungmas Bus baru DAMRI

Kata Maralam, DAMRI tujuan Bandara Kertajati berangkat dari Terminal Cicaheum pukul 05.30 WIB ini disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Kertajati.

"Operasional Damri dari Bandung ke Bandara Internasional Kertajati sesuai dengan jadwal penerbangan, yakni setiap hari Rabu dan Minggu," kata Maralam saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Baca juga: AirAsia Terbang dari Kertajati ke Kuala Lumpur mulai Hari Ini

Tarif shuttle bus ke Bandara Kertajati

Melansir dari laman resmi Bandara Internasional Kertajati, saat ini ada beberapa shuttle bus yang melayani penumpang ke Bandara Kertajati.

Beberapa di antaranya ada Arnes Citi Trans, Bhinneka Shuttle, Mekarsari Shuttle, dan BJT (Sobat Trans). Adapun tarif Shuttle ke Bandara Kertajati yakni mulai dari Rp 100.000 per orang.

"Kalau tarif dari (ketentuan) bandara, rata-rata Rp 150.000, tapi kami (Shuttle BJT Sobat Trans) mengajukan tarif di harga Rp 100.000," kata petugas Shuttle Sobat BJT Trans Rahmad kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (17/7/2023).

Rahmad melanjutkan, shuttle bus tujuan Bandara Kertajati ini berangkat dari Cimahi dan Cirebon setiap Rabu dan Minggu pukul 10.00 WIB.

Tarif serupa juga diberlakukan oleh Shuttle Arnes yang melayani penumpang tujuan Bandara Internasional Kertajati dari Jatinangor, Sumedang.

Baca juga: Lion Air Buka Lagi Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati

"Tarif shuttle dari Jatinangor ke Bandara Internasional Kertajati yaitu Rp 100.000 per orang," kata petugas Shuttle Arnes Hendrix saat dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (17/7/2023).

Hendrix mengatakan saat ini keberangkatan Shuttle Arnes ke Bandara Internasional Kertajati hanya beroperasi pukul 05.30 WIB setiap Rabu dan Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com