Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Bakal Punya 3 Shuttle Bus Khusus Destinasi Wisata, Catat Rutenya

Kompas.com - 10/07/2023, 16:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Surakarta akan menyediakan shuttle bus untuk rute destinasi wisata. Hal ini diilakukan merespons terbatasnya lahan parkir di sejumlah destinasi.

Saat ini, Solo sudah memiliki Batik Solo Trans, bus yang dapat mengantarkan wisatawan ke berbagai destinasi. Namun, operasionalnya untuk mendukung sarana perkotaan, bukan hanya untuk wisata.

"Sebetulnya sudah ada Batik Solo Trans, tapi kan itu di sarana perkotaan, bukan dari dan ke tempat wisata yang ada di seluruh kota," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad di Solo, Senin (10/7/2023).

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya, Ada Tempat Baru yang Hits

Ia menambahkan, akan disiapkan tiga trayek yang masing-masing titiknya akan menghubungkan sejumlah destinasi wisata di Solo. Tiga trayek tersebut antara lain:

  • Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Museum Sains-Solo Safari
  • Terminal Tirtonadi-Masjid Seikh Zayed-Pura Mangkunegaran-Vastenburg-Keraton Kasunanan-Pasar Klewer-Pura Mangkunegaran-Masjid Sheikh Zayed-Terminal Tirtonadi
  • Terminal Tirtonadi-Taman Balekambang-Lokananta- Kampung Batik Laweyan

Saat ini, lanjut Taufiq, baru rute pertama yang diaktifkan dengan tarif sementara Rp 4.000 dan jam operasional pukul 08.00-22.00 WIB. Sementara dua rute lain masih dipersiapkan.

"Yang dua dan tiga masih persiapan, yang sudah launching rute pertama," katanya.

Baca juga: 5 Tips Olahraga Malam di Stadion Manahan Solo, Ajak Teman

Untuk rute yang sudah beroperasi, saat ini sudah tersedia 10 unit dari total 20 bus yang diajukan, dengan masing-masing berkapasitas 30 penumpang.

@kompastravel Keren banget ya, masjidnya! Kamu udah pernah shalat di sini? Kalo belum dan masih bingung karena masjidnya gede banget, yuk simak panduan berikut! #masjidsheikhzayed #masjidsheikhzayedsolo #travelsolo ? Rahmatun Lil’Alameen - Maher Zain
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com