Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Festival Kali Brantas di Malang untuk Lestarikan Sungai

Kompas.com - 23/07/2023, 17:52 WIB
Nugraha Perdana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Festival Kali Brantas di Kampung Keramik Dinoyo, Kota Malang, Jawa Timur kembali digelar pada Minggu (23/7/2023), pagi. Acara tersebut digelar oleh masyarakat sekitar dengan berdoa agar terhindar dari bahaya bencana.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Malang, Isa Wahyudi mengatakan, kegiatan Festival Kali Brantas sudah kedua kalinya digelar, setelah tahun sebelumnya juga digelar pasca pandemi Covid-19 yang sempat berhenti beberapa tahun.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga dan melestarikan Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang mengaliri 14 kota/kabupaten di Jawa Timur.

"Ini sekaligus untuk memperingati Hari Sungai Nasional, kegiatan yang ada dibalut dengan budaya kearifan lokal, sehingga generasi-generasi muda harapannya dapat memahami pentingnya peduli dengan menjaga kebersihan sungai," kata Isa pada Minggu (23/7/2023).

Baca juga:

Kegiatan diawali dengan arak-arakan sesajen dan tumpeng agung oleh pemuda pemudi yang telah dibuat sebelumnya.

Mereka mengenakan pakaian adat tradisional Jawa seperti kebaya, lurik, blangkon, dan jarik.

Sesajen yang dibawa terbuat dari bahan-bahan alami, seperti cok bakal, kembang setaman, bubur poncowarno, jenang palang, jenang sengkolo, dan kinangan.

"Semalam masyarakat membuat sesajen dan tumpeng, yang mengarak muda-mudi menggunakan pakaian adat tradisional, ada yang mengenakan kebaya dan sebagainya, diiringi dengan hadrah," katanya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan berdoa bersama agar selamat dan terhindar dari malapetaka bencana DAS Brantas. Anak-anak yang ada juga mengikuti workshop membuat keramik.

"Sungai ini salah satu sumber kehidupan yang kemudian membawa berkah dan kemanfaatan, jangan sampai membawa bencana, yang kedua bahwa Kali Brantas titik peradaban di Jawa Timur sejak zaman kerajaan-kerajaan di Jawa," katanya.

Baca juga:

Digelar di beberapa lokasi

Rangkaian kegiatan Festival Kali Brantas sebenarnya sudah dimulai sejak Jumat (21/7/2023), bertempat di titik nol Sumber Brantas, Kota Batu. Selain di Kampung Keramik Dinoyo, terdapat enam lokasi kegiatan lanjutan di Kota Malang.

Kegiatan tersebut di antaranya larung sesaji Labuh Kali Brantas di Kampung Gerabah Penanggungan, Kampanye Bersih Kaliku Putih Kampungku di Kampung Putih Klojen, dan Nyanyian Brantas Kaliku Arema Kampungku di Kampung Biru Arema.

Selanjutnya, Gugur Gunung Metri Kali Brantas di Kampung Tridi Kesatrian, Warna Warni Nyadran Kali Brantas di Kampung Warna Warni Jodipan, serta Lampion Nyuluh Brantas di Kampung Lampion Jodipan.

"Rangkaian kegiatan Festival Kali Brantas ini sampai Kamis (27/7/2023) nanti. Setiap kampung beda-beda konsentrasi kegiatannya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com