Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes Bekasi, Berawal dari Meme di Internet hingga Paspor

Kompas.com - 26/07/2023, 18:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih ingat candaan dan meme soal Bekasi ada di luar Indonesia dan merupakan negara lain? Beberapa tahun lalu, hal ini ramai di kalangan warganet dan kerap menjadi bahan ejekan.

Cuaca panas, lokasi jauh, dan kemacetan menjadi beberapa penyebab di balik munculnya candaan dan meme tersebut.

Baca juga:

Rupanya, hal ini dijadikan inspirasi oleh suatu komunitas anak muda, hingga akhirnya membentuk komunitas bernama Kedutaan Besar (Kedubes) Bekasi berkat candaan seolah-olah merupakan negara sendiri.

“Kami awalnya (berdiri) 2013 di area Jatikramat, kami bikin community space (area komunitas). Tahun 2015 berubah nama jadi Kedutaan Besar Bekasi,” ujar salah seorang pendiri komunitas Kedubes Bekasi bernama Fithor Faris, saat ditemui Kompas.com, Kamis (20/7/2023).

Kopi Kedubes (kedutaan Besar) Bekasi yang berada di Grand Galaxy Park Mall, Bekasi. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kopi Kedubes (kedutaan Besar) Bekasi yang berada di Grand Galaxy Park Mall, Bekasi.

Ia menjelaskan, ide nama Kedutaan Besar Bekasi muncul saat lelucon tersebut menjadi viral di media sosial sekitar tahun 2014.

“Kami (Bekasi) dibilang planet lain, negara lain, peta Bekasi terpisah dari Indonesia. Nah dari situ muncul ya sudah kami buat kedutaan besar sendiri saja,” tambahnya.

Baca juga:

Selanjutnya, ia dan beberapa teman lain memutuskan membuat prasasti bertanda tangan untuk menandai resminya Kedubes Bekasi.

“Jadi kami ini menyediakan creative space (area kreatif), community space, dasar awalnya dari situ. Pelan-pelan berkembanga seperti sekarang, ada coffee shop, event organizer, label rekaman, dan kegiatan lain,” terang dia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com