Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Berenang Bareng Hiu Paus di Gorontalo, Mulai Rp 80.000

Kompas.com - 06/08/2023, 15:12 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Merasakan sensasi berenang bersama hiu paus di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo tak boleh dilewatkan bagi wisatawan yang sedang berpelesir di utara Sulawesi.

Untuk mencapainya, kita hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer dari Kota Gorontalo dengan durasi berkendara sekitar 26 menit.

Baca juga: Gorontalo Punya Bus Wisata, Tarifnya mulai Rp 5.000

Pada Sabtu (5/8/2023), di Pangkalan III Hiu Paus Botubarani, misalnya, sekitar 50 orang datang berkunjung, yang didominasi wisatawan dari Jakarta dan Manado.

"Sudah sekitar 50-an orang, cuma kebanyakan dengan wisatawan lokal," ujar Koordinator Pangkalan III Hiu Paus, Olwan Ali, seperti dikutip dari Tribun Gorontalo, Sabtu.

Tarif mulai Rp 80.000

Dikutip dari situs Jaringan Desa Wisata yang dikelola Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Jadesta Kemenparekraf), wisata melihat paus ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni naik perahu didampingi satu orang pemandu, berenang atau menyelam di permukaan (snorkeling), serta menyelam (diving).

Baca juga: 3 Desa Wisata di Gorontalo dengan Pemandangan Alam yang Unik

Diving dilakukan oleh wisatawan yang sudah memiliki sertifikat menyelam dan ingin merasakan bawah air yang berbeda.

Foto aerial seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) berenang mendekati perahu wisata di objek wisata Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (10/1/2023). Sejak awal bulan Januari 2023. satu hingga tiga ekor Hiu Paus terlihat di objek wisata unggulan di Provinsi Gorontalo tersebut.ANTARA FOTO/ADIWINATA SOLIHIN/AWW Foto aerial seekor Hiu Paus (Rhincodon typus) berenang mendekati perahu wisata di objek wisata Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Selasa (10/1/2023). Sejak awal bulan Januari 2023. satu hingga tiga ekor Hiu Paus terlihat di objek wisata unggulan di Provinsi Gorontalo tersebut.

Dikutip dari Tribun Gorontalo, untuk melihat hiu paus, pengunjung perlu menyewa perahu milik nelayan setempat dengan tarif sekitar Rp 80.000 untuk tiga orang.

Tarif sudah termasuk satu kantong kepala udang yang merupakan santapan hiu paus.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Favorit Turis Asing di Gorontalo, Bisa Lihat Hiu Paus

Kapasitas tiga orang pada satu perahu diberlakukan untuk menghindari kejadian buruk, seperti perahu terbalik.

"Dulu kan pas booming ini, satu perahu bisa sampai lima-enam orang. Tapi malah banyak perahu yang terbalik ketika sudah di sana," kata Olwan.

Tarif itu terbagi untuk sewa perahu sebesar Rp 50.000, Rp 20.000 untuk pakan hiu, serta Rp 10.000 untuk pengelola dan pemerintah desa Botubarani.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Gorontalo, Wisata ke Benteng Otanaha

Jika wisatawan ingin meminjam alat menyelam lengkap dengan kamera, biayanya Rp 650.000 hingga Rp 750.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com