Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Asing ke Sulawesi Selatan Naik 36,51 Persen pada Februari 2023

Kompas.com - 04/04/2023, 18:38 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan turis asing ke Provinsi Sulawesi Selatan pada Februari 2023 naik 36,51 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada Januari 2023, tercatat ada sebanyak 1.090 kunjungan wisatawan, sementara pada Februari mencapai 1.488 kunjungan.

"Kalau kita melihat data kunjungan wisatawan mancanegara pada Februari 2023 itu sebanyak 1.488 dan di bulan sebelumnya 1.090 kunjungan. Kalau secara persentase itu meningkat 36,51 persen," kata Kepala BPS Sulsel Suntono di Makassar, Senin (3/4/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Dari jumlah tersebut, turis dari negara tetangga Malaysia menjadi yang terbanyak pada Februari 2023, dengan jumlah yang dominan mencapai 1.090 kunjungan.

Diikuti dengan Singapura 45 kunjungan dan China 21 kunjungan.

"Saat ini kunjungan terbanyak dari negara tetangga Malaysia, kemudian Singapura dan China serta negara-negara dari Benua Amerika dan Eropa yang jumlahnya tidak terlalu signifikan," ujarnya.

Meski menunjukkan kenaikan, namun Suntono mengatakan, kunjungan turis asing ke Sulawesi Selatan belum kembali normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Apalagi, terlihat dari angka turis asal Eropa dan Amerika yang belum cukup signifikan.

Namun, mulai ramainya kunjungan turis asing akan mengembalikan semangat para pelaku wisata dan ekonomi kreatif, sehingga pemulihan ekonomi dapat tercapai.

Baca juga:

Suntono mengaku optimis jika pada masa mendatang kunjungan turis akan terus meningkat, tidak hanya turis asing tetapi juga turis dalam negeri.

Apalagi, Sulawesi Selatan kini memiliki lebih banyak opsi destinasi wisata.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com