Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labuan Bajo Tuan Rumah KTT ASEAN, Tidak Ada Penutupan Kegiatan Wisata

Kompas.com - 04/04/2023, 17:53 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Diperkirakan, total delegasi, panitia nasional, serta personel pengamanan yang akan beraktivitas selama acara mencapai sekitar 3.000 orang.

Namun, terkait hal tersebut, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menegaskan tidak akan ada kegiatan wisata yang ditutup selama penyelengaraan KTT ASEAN.

"Tidak ada penutupan kegiatan wisata, dijalankan seperti biasa," ucap Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina, di Labuan Bajo, Selasa (4/4/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Shana menambahkan, pada beberapa titik memang akan dilakukan pengondisian karena menjadi lokasi penyelenggaraan atau venue, seperti Hotel Meruorah Labuan Bajo, Hotel Ayana Labuan Bajo, dan Puncak Waringin.

Meski demikian, ia memastikan masyarakat tetap bisa berkunjung ke Labuan Bajo selama penyelenggaraan KTT ASEAN. 

"Dijalankan seperti biasa, bedanya agak macet, ada pengondisian di Meruorah, Ayana, dan Puncak Waringin karena itu yang jadi lokasi utama," ucap dia.

Puncak Waringin bakal menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.Kemenparekraf Puncak Waringin bakal menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Shana berharap, wisatawan bisa tetap mengunjungi Labuan Bajo serta nyaman dalam menjalankan aktivitas wisatanya seperti biasa, baik selama perjalanan, di dalam kota, maupun di destinasi.

Baca juga:

Selain itu, ia juga berharap para wisatawan bisa menjaga privasi para tamu KTT ASEAN dengan tidak mengambil foto tanpa izin dan melakukan interaksi seperlunya saja.

"Kita sebagai tuan rumah harus menggunakan momentum ini untuk menunjukkan servis terbaik, menawarkan produk terbaik," tuturnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com