Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman ke Taman Proklamasi di Menteng, Tapak Tilas Kemerdekaan

Kompas.com - 07/08/2023, 13:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945 menandai kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Peristiwa tersebut merupakan momen bersejarah yang patut dikenang masyarakat.

Jelang peringatan 17 Agustus, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengenang perjalanan bangsa memperoleh kemerdekaan adalah dengan melakukan tapak tilas.

Baca juga:

Salah satunya di tempat pembacaan naskah kemerdekaan di Taman Proklamator atau Taman Proklamasi di Jakarta Pusat.

Taman Proklamator atau Taman Proklamasi di Menteng, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman Proklamator atau Taman Proklamasi di Menteng, Jakarta Pusat.

Kompas.com berkesempatan mengunjungi taman yang beralamat di Jalan Proklamasi Nomor 10, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, ini pada Rabu (2/8/2023). 

Jam buka taman ini adalah setiap hari Selasa-Minggu, sedangkan hari Senin tutup. Adapun waktunya dari pukul 06.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Taman luas dengan monumen peringatan

Sekitar pukul 10.30 WIB, Kompas.com tiba di Taman Proklamator yang areanya dikelilingi pagar pembatas warna hijau. 

Meski taman ini dilengkapi pintu, namun hanya satu pintu masuk yang dibuka. Lokasinya persis di belakang halte bus Transjakarta Tugu Proklamasi 2 (Bakamla). 

Tugu Petir atau Tugu Proklamasi di Taman Proklamasi, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tugu Petir atau Tugu Proklamasi di Taman Proklamasi, Jakarta Pusat.

Dari depan, akan langsung terlihat hamparan taman hijau yang apik. Menuju area tengah, terdapat plaza luas yang sepintas berbentuk segi lima dengan beberapa tugu. 

Tidak hanya patung Monumen Pahlawan Proklamator Soekarno-Hatta yang menarik perhatian, rupanya ada dua tugu lain yang bisa dilihat oleh pengunjung.

Keduanya adalah Tugu Peringatan Satoe Tahoen Kemerdekaan Repoeblik Indonesia (disebut juga Tugu Jarum) dan Tugu Petir (disebut juga Tugu Proklamasi). 

Jika berdiri di Monumen Pahlawan Proklamator Soekarno-Hatta, Tugu Peringatan Satoe Tahoen Kemerdekaan Repoeblik Indonesia dapat ditemukan di depan sebelah kanan, sedangkan Tugu Petir ada di sebelah kiri. 

Baca juga: 3 Tips Naik TransJakarta ke Taman Proklamasi, Ingat Transit

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com