Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lagi Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo, Pemerintah Tunjuk Tim Khusus

Kompas.com - 08/08/2023, 12:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belum lama ini, kembali terjadi tenggelamnya kapal wisata di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Terkait kejadian tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pemerintah telah menunjuk tim khusus.

"Kami sudah menunjuk tim khusus dari manajemen krisis untuk berkolaborasi dengan kementerian, lembaga terkait, dan pemerintah daerah," kata Sandiaga dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Baca juga: Banyak Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo akibat Kelalaian Nakhoda

Ia melanjutkan, pihak Kemenparekraf sudah mengupayakan pendekatan melalui badan pengelola otorita Labuan Bajo, Flores untuk menerapkan konsep One Day In 5 DSP. 

Dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, konsep One Day In 5 DSP ini merupakan panduan wisata yang bisa diikuti bila berkunjung ke salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) di Indonesia.

"Kami sudah mengupayakan agar konsep ini (One Day in 5 DSP) bisa mulai diterapkan. Paling tidak secara pilot project, karena kita tidak bisa membiarkan kecelakaan ini terus berlangsung," katanya.

Baca juga: Waspada Kapal Wisata Nakal di Labuan Bajo, Cek Situs Resmi

Lebih lanjut, Sandi mengimbau pelaku wisata khususnya di Labuan Bajo untuk terus meningkatkan aspek CHSE (Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability.

Sebelumnya, dikutip dari laman Kompas.com (1/8/2023) pada bulan Juli 2023 terjadi tiga peristiwa tenggelamnya kapal wisata secara berturut-turut di perairan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Peristiwa terbaru terjadi pada Sabtu (22/7/2023), yaitu tenggelamnya Kapal Wisata KM Teman Baik di Perairan Pantai Pink, Taman Nasional Komodo.

Kapal wisata ini mengangkut sembilan wisatawan asal Malaysia.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Murah Jakarta-Labuan Bajo per Agustus 2023, mulai Rp 1,1 Juta

Dari kejadian ini, Kapolres Manggarai Barat AKBP Ari Satmoko mengatakan bahwa tiga wisatawan mengalami luka ringan dan dievakuasi ke Labuan Bajo. Sementara enam wisatawan lainnya memilih menginap di Pulau Komodo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com