Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tomohon International Flower Festival 2023 Dibuka, Menparekraf: Tak Kalah dengan Festival Bunga Pasadena

Kompas.com - 08/08/2023, 19:08 WIB
M Chaerul Halim,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

TOMOHON, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2023 di Terminal Tomohon, Jalan Terminal Beriman, Tomohon, Sulawesi Utara, pada Selasa (8/8/2023).

"Akhirnya, dengan mengharapkan rahmat Tuhan yg maha kuasa, dengan mengucapkan Bismillah maka Tomohon International Flower Festival 2023 secara resmi dibuka," kata Menparekraf, Selasa (8/8/2023), yang mengenakan batik khas Minahasa berwarna merah.

Baca juga:

Didampingi Wali Kota Tomohon Caroll Senduk, Menparekraf lalu turun dari panggung dan bergabung dengan peserta festival.

Keduanya lantas menabuhkan gendang dengan diringi Tari Kabasaran atau Cakalele.

Disebut tidak kalah bagus dengan Festival Bunga Pasadena

Kendaraan bunga saat parade di Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.SITUS TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL Kendaraan bunga saat parade di Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Pada kesempatan itu, Sandiaga menyampaikan bahwa TIFF 2023 tidak kalah bagus dengan Festival Bunga Pasadena di California, Amerika Serikat.

"Saya membayangkan bahwa TIFF 2023 akan memantapkan posisi tomohon menjadi destinasi wisata global, (Karena) tidak kalah lagi sama Pasadena dan tidak kalah lagi sama festival-festival lainnya di dunia," jelasnya.

Ia pun mengajak masyarakat untuk menjadikan perhelatan tersebut sebagai jawaban dari festival berkelas dunia dari Indonesia.

Baca juga:

Sebagai informasi, TIFF merupakan kegiatan berupa karnaval bertema bunga. Acara ini berlangsung selama lima hari dari Selasa (8/8/2023) sampai Sabtu (12/8/2023).

Adapun kegiatan pada hari pertama diawali dengan perlombaan marching band.

Ada pula Festival Kuliner, Pegelaran Seni Budaya, Tourism, Trade, Investment dan Floriculture Expo yang berlangsung dari Rabu (9/8/2023) sampai Jumat (11/8/2023).

Acara puncaknya adalah Tourmamens of Flowers, Tomohon, Flower Carnival, dan Float Display.

Baca juga: 135.000 Wisman Kunjungi Festival Bunga Tomohon

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com