Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Dapat Tiket Pesawat dan Hotel Murah Saat Last Minute

Kompas.com - 15/08/2023, 19:20 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memesan hotel ataupun tiket pesawat memang bisa dilakukan jauh hari sebelum jadwal yang diinginkan, dengan anggapan supaya mendapat harga yang lebih murah.

"Pegipegi merekomendasikan waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat minimal lima hari sebelum keberangkatan," bunyi keterangan dari siaran resmi Pegipegi yang Kompas.com terima, Selasa (15/8/2023).

Baca juga: 5 Tips Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan, Hindari Harpitnas

Namun, terkadang rencana perjalanan kerap berubah sehingga memaksa wisatawan untuk memesan tiket pesawat atau hotel last minute, alias saat-saat terakhir mendekati jadwal yang diinginkan.

Meskipun begitu, bukan hal mustahil untuk mendapatkan harga yang murah saat memesan untuk last minute. Simak beberapa tips berikut yang bisa diikuti.

Tips dapat tiket pesawat dan hotel murah

1. Tentukan pilihan hotel atau maskapai penerbangan

Ilustrasi wisatawan di penginapan saat liburan.SHUTTERSTOCK/INDYPENDENZ Ilustrasi wisatawan di penginapan saat liburan.

Hotel atau maskapai penerbangan yang kurang poluler biasanya belum terisi penuh pada saat waktu check-in. Khususnya maskapai penerbangan, umumnya masih tersisa kursi kosong untuk penumpang.

Maka dari itu, bila hendak mendapatkan tiket dengan harga yang relatif murah, pilihlah hotel dan maskapai penerbangan yang tidak terlalu populer supaya harganya lebih terjangkau.

Baca juga: Tiket Pesawat Cenderung Murah pada Bulan Agustus-Oktober, Kenapa?

Selain itu, memesan hotel atau maskapai pada saat low season bisa jadi solusi untuk mendapatkan tiket murah.

Low season menandakan sedikitnya pelaku perjalanan yang liburan dan sepinya tempat rekreasi. Hal ini memungkinkan okupansi hotel atau pesawat belum terisi penuh. 

Kondisi ini bisa menguntungkan bagi wisatawan karena hotel atau pesawat mungkin menurunkan harganya last-minute dengan harapan kamar hotel atau kursi pesawat segera terisi.

2. Manfaakan promo last minute

Ilustrasi wisatawan di Indonesia.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi wisatawan di Indonesia.

Wisatawan disarankan memantau informasi terbaru mengenai promo yang ada di situs web resmi hotel, maskapai penerbangan, atau Online Travel Agent (OTA atau agen perjalanan daring).

Biasanya hotel dan maskapai penerbangan yang kurang populer menawarkan promo, apalagi jika okupansinya belum 100 persen.

Ada pula hotel yang menawarkan harga lebih murah sekitar 10 sampai 15 persen untuk pemesan yang memundurkan tanggal pemesaan.

Akomodasi jenis ini biasanya berguna untuk wisatawan yang membutuhkan penginapan exspress. Misalnya, bila hendak menginap tanggal 5 mulai pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB maka bisa pesan penginapan untuk tanggal 4.

Baca juga: Kapan Tiket Pesawat Murah? Simak Sebelum Beli

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com