Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Wisatawan Lihat Upacara Bendera di Tengah Laut Pantai Baron

Kompas.com - 17/08/2023, 17:08 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan wisatawan dan masyarakat mengikuti upacara bendera di tengah laut Pantai Baron, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Kamis (17/8/2023).

Upacara yang digelar oleh Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron ini berlangsung sukses meski gelombang air laut tengah tinggi.

Baca juga:

"Ternyata seru banget ya, kebetulan hari ini liburan ke Pantai (di) Gunungkidul," kata salah seorang wisatawan asal Kota Yogyakarta, Ito di Pantai Baron, Kamis (17/8/2023).

Dia mengagumi petugas dari Satlinmas Rescue Istimewa yang mampu menerjang gelombang tinggi.

"Saya lihat tadi yang mengibarkan bendera, padahal gelombangnya sedang tinggi," lanjut dia.

Pantai Baron di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.SHUTTERSTOCK/NURDEANA CAHYANINGRUM Pantai Baron di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain Ito, ada pula Kurniawan yang melihat upacara bendera di Pantai Baron. Wisatawan asal Sukoharjo ini menyampaikan bahwa ia sudah dua kali datang ke Pantai Baron untuk menyaksikan momen itu. 

"Dulu 2019 sebelum pandemi pernah ke sini. Kebetulan hari ini juga libur dan ingin makan seafood (olahan hasil tangkapan laut). Sekalian melihat upacara," kata Kurniawan. 

Baca juga:

Pada waktu yang sama, wisatawan lainnya bernama Heri mengatakan, ia sengaja datang ke Pantai Baron untuk melihat upacara tersebut. 

"Tadi sempat hujan, tetap nekat saja karena hanya setahun sekali," kata Heri yang berasal dari Kota Wonosari.

Dari pengamatan Kompas.com di lokasi upacara di Pantai Baron, upacara bendera dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, dengan Kasatpol PP DIY Noviar Rahmat sebagai Inspektur Upacara.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com