Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gajah hingga Ular Piton di Bali Safari Ikut Upacara Bendera HUT RI

Kompas.com - 17/08/2023, 14:40 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kemeriahan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia dirayakan di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Termasuk salah satunya di destinasi konservasi dan edukasi satwa Bali Safari yang berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman depan Bali Safari pukul 07.30 WITA dengan turut mengajak sejumlah satwa untuk berpartisipasi.

Beberapa satwa yang berpartisipasi seperti empat gajah sumatera, kambing, ular piton, iguana, burung beo, dan burung kakaktua, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dipimpin oleh Manajer Operasional Bali Safari Ketut Suardana sebagai pembina upacara.

"Kami ingin menunjukkan kehadiran satwa saat upacara HUT Kemerdekaan bahwa manusia hidup harmoni bersama satwa," kata Kepala Pemasaran Bali Safari, Inneke Ficianirum di Gianyar, Bali, Kamis (17/8/2023), seperti dikutip dari Antara.

Adapun upacara diadakan sebelum jam operasional Bali Safari, yakni pukul 09.00 WITA demi memastikan kunjungan wisatawan tetap berlangsung normal.

Untuk menjaga tetap tenang, satwa dijaga oleh para pawang. Misalnya, satwa gajah diberikan makanan berupa pelepah kelapa sepanjang upacara.

Sementara ular piton dililitkan di tubuh pawang agar tetap tenang dan kambing dikaitkan dengan tali.

Sejumlah satwa mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Bali Safari, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (17/8/2023).ANTARA/DEWA KETUT SUDIARTA WIGUNA Sejumlah satwa mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Bali Safari, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (17/8/2023).

Diskon HUT ke-78 RI

Untuk memeriahkan HUT ke-78 RI, Bali Safari juga memberikan diskon tiket masuk sebesar 17 persen untuk pembelian tiket hingga 20 Agustus 2023 melalui situs resmi.

Tiket promo tersebut dapat digunakan untuk kunjungan hingga akhir Oktober 2023.

Baca juga:

Selain upacara bendera, pengunjung juga diajak untuk mengikuti sejumlah permainan khas HUT RI, seperti lomba makan kerupuk dan memasukkan paku ke dalam botol.

Adapun tingkat kunjungan Bali Safari mulai kembali pulih pascapandemi Covid-19. Angka kunjungan per hari untuk wisatawan mancanegara dan domestik kini mencapai rata-rata 1.000 orang, sementara pada akhir pekan berkisar 1.200-1.500 orang.

@kompastravel Ada pesawat baru nih buat rute Jakarta-Bali. Pesawat ini buatan China dan pertama kalinya dioperasikan sama maskapai luar China, yaitu sama maskapai lokal TransNusa. Karena mesinnya ada di ekor pesawat (tail engine), suara mesin jadi nggak terlalu bising di kabun. Ternyata, itu juga yang bikin pesawat ini wush wush dan tiba lebih cepat dari pesawat lainnya. Jakarta-Bali cuma 1,5 jam aja Nantinya TransNusa juga akan pakai pesawat ini buat rute lain. Penasaran nyoba nggak?? #travelfacts #planelovers #planelife ? sonido original
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com