Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tradisi Hari Raya Galungan di Bali, Ada Mengarak Barong

Kompas.com - 02/08/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Umat Hindu tengah memperingati Hari Raya Galungan pada hari ini, Rabu (2/8/2023). Selain rangkaian ritual, adapula tradisi Galungan yang dilakukan oleh umat Hindu pada hari suci tersebut.

Pada Hari Raya Galungan, umat Hindu merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma). Mengutip website Paruman Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), galungan berasal dari kata galung, artinya perang atau pertarungan.

Baca juga:

Sementara, Hari Raya Galungan jatuh pada wuku dungulan, yang berarti menang. Jadi galungan dan dungulan adalah perang serta menangnya manusia dari godaan tiga buta atau kala.

Umat Hindu merayakan Galungan setiap enam bulan sekali berdasarkan penanggalan Saka, atau setiap 210 hari sekali. Sepanjang 2023 ini, Hari Raya Galungan diperingati pada Rabu, 4 Januari 2023 dan Rabu, 2 Agustus 2023

Tradisi Galungan di Bali

Kompas.com merangkum beberapa tradisi Galungan di Bali sebagai berikut:

1. Ngelawang barong

Ngelawang barong, salah satu tradisi Hari Raya Galungan di BaliWikimedia Commons Ngelawang barong, salah satu tradisi Hari Raya Galungan di Bali

Tradisi ngelawang berasal dari kata lawang yang berarti pintu. Tradisi ini dilakukan dengan mengarak barong bangkal dari pintu ke pintu rumah warga banjar atau desa, seperti dikutip dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sembari berkeliling kampung, arakan barong bangkal tersebut diiringi dengan gamelan. Umat Hindu menggunakan barong bangkal yang berwujud babi besar dengan muka menyeramkan, lantaran secara mitologi diyakini memiliki kekuatan magis.

Jumlah penari para tradisi ngelawang barong adalah dua orang, di mana satu penari memegang kepala barong dan lainnya memainkan ekor. Tradisi ngelawang barong ini bertujuan untuk mengusir roh jahat yang mengganggu ketenangan desa, sehingga masyarakat aman terlindungi.

2. Mapeed

Mapeed, salah satu tradisi Hari Raya Galungan di BaliWikimedia Commons Mapeed, salah satu tradisi Hari Raya Galungan di Bali

Tradisi ini dilakukan umat Hindu dengan berjalan beriringan sembari menjunjung keben bambu atau tempat sesajen dalam rangkaian sembahyang di Hari Raya Galungan, seperti dikutip dari laman Indonesia.go.id.

Umat Hindu menggelar mapeed menuju pura di desa setempat. Biasanya, sesajen yang dipersiapkan warga berupa buah, bunga, dan hiasan janur.

Selain ibadah, barisan umat Hindu yang menuju pura untuk sembahyang di Hari Raya Galungan itu menjadi daya tarik wisata Bali.

Baca juga:

3. Ngejot 

Tradisi Galungan selanjutnya adala ngejot, atau berbagi makanan kepada tetangga baik sesama umat Hindu maupun non-Hindu, seperti dikutip dari Kompas.com (14/4/2021). 

Tradisi ngejot biasanya dilakukan sebelum Hari Raya Galungan hingga hari H. Tradisi ini sebagai wujud toleransi antar umat beragama di Bali.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com