Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pendaki Meninggal, Pendakian Arjuno-Welirang via Sumberbrantas Tutup Sementara

Kompas.com - 21/08/2023, 15:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang via Sumberbrantas ditutup sementara waktu mulai Minggu (20/8/2023) sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Penutupan ini dilakukan setelah diketahui ada salah seorang pendaki yang meninggal dunia di jalur pendakian via Sumberbrantas karena mengalami hipotermia.

"Benar, (jalur pendakian Gunung Welirang Arjuno via Sumberbrantas) ditutup sejak kemarin (20/8/2023) sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata petugas UPT Tahura Raden Soerjo bernama Devi kepada Kompas.com melalui telepon, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Usai Kebakaran, Jalur Pendakian Gunung Arjuno-Welirang Buka Lagi

Devi melanjutkan, berdasarkan informasi dari petugas di pos penjaga, pendaki yang mengalami hipotermia dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (20/8/2023) sekitar pukul 09.00 WIB setelah diperiksa oleh petugas di pos 2.

Jenazah korban kemudian dibawa oleh tim evakuasi menuju ke Rumah Sakit Bhayangkara Kota Batu.

Devi mengatakan, bagi calon pendaki yang telah terdaftar untuk naik Gunung Arjuno Welirang via Sumberbrantas, diarahkan untuk mengubah jalur pendakian.

Baca juga: Dieng Sedang Dingin-dinginnya, Pendaki Gunung Bismo Mesti Waspada

"Kalau yang sudah telanjur pesan tiket mendaki, bisa reschedule, atau bisa diarahkan ke pintu yang lainnya. Rata-rata calon pendaki mau dialihkan jalurnya," ujar Devi.

Imbauan untuk pendaki

Menyikapi kejadian ini, Devi mengimbau calon pendaki yang hendak mendaki gunung dalam waktu dekat khususnya tujuan Gunung Arjuno, agar memastikan kondisi mental dan fisik dalam keadaan sehat.

"Saat ini kondisi cuaca cukup ekstrem, bukan hanya pada saat musim hujan, tapi juga musim kemarau," katanya.

Gunung Arjuno-Welirang dilihat dari Puncak B29 Lumajang. Puncak di kiri (tertinggi) adalah Puncak Gunung Arjuno, sementara puncak sebelah kanan yang mengeluarkan asap adalah Puncak Gunung Welirang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Arjuno-Welirang dilihat dari Puncak B29 Lumajang. Puncak di kiri (tertinggi) adalah Puncak Gunung Arjuno, sementara puncak sebelah kanan yang mengeluarkan asap adalah Puncak Gunung Welirang.

Ia melanjutkan, suhu di kawasan Gunung Arjuno akhir-akhir ini sangat dingin, ditambah angin yang cukup kencang dan kelembapan udara yang rendah.

Tidak hanya itu, apabila pendaki merasa tidak enak badan, Devi mengimbau untuk segera turun ke basecamp dan jangan menunggu keadaan berlanjut parah.

Baca juga: 5 Tips Hunting Sunset di Taman Langit Telomoyo, Awas Udara Dingin

"Kami melihat pentingnya kebersamaan, pentingnya saling menjaga teman, perlengkapan harus terpenuhi, dan jangan asal naik gunung," tutup Devi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com