Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik LRT Jabodebek ke Cibubur, Bisa Mampir 10 Tempat Wisata Ini 

Kompas.com - 30/08/2023, 16:37 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - LRT Jabodebek resmi beroperasi mulai Kamis (28/8/2023). Moda transportasi massa ini melayani penumpang dari Cibubur dan Bekasi ke Jakarta, dan sebaliknya.

Jika naik LRT ke Cibubur, kamu bisa mampir ke sejumlah tempat wisata berikut ini.

Baca juga:

LRT Cibubur Line berhenti di sejumlah stasiun, yakni Stasiun LRT Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, dan Cawang sebagai stasiun transit. 

Kemudian berlanjut ke Stasiun LRT TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, dan berakhir di Stasiun LRT Harjamukti. 

Wisata dekat Stasiun LRT Harjamukti 

1. Taman Wiladatika

Patung pramuka di Taman Wiladatika Cibubur.SHUTTERSTOCK/ENUNG SRI OKTAVIANI Patung pramuka di Taman Wiladatika Cibubur.

Ruang terbuka hijau ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Stasiun LRT Harjamukti, jadi kamu bisa berjalan kaki selama tujuh menit saja. Alamatnya berada di Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Selain bisa menikmati pemandangan hijau, pengunjung juga bisa mencoba fasilitas kolam renang di sana. Harga tiket masuk ke Taman Wiladatika cukup terjangkau, yakni  Rp 10.000 per orang, berdasarkan informasi dari Kompas.com (16/01/2023).

Jika ingin berenang, wisatawan harus membeli tiket terpisah seharga Rp 20.000 per orang. Pengunjung yang membawa kendaraan juga harus membayar retribusi parkir antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

2. Trans Studio Cibubur 

Trans Studio CibuburTrans Studio Cibubur Trans Studio Cibubur

Jika ingin berekreasi di dalam ruangan (indoor) kamu bisa mengunjungi Trans Studio Cibubur. Jaraknya sekitar 2,3 kilometer (km) atau lima menit berkendara.

Trans Studio Cibubur adalah tempat rekreasi keluarga berupa indoor theme park yang menghadirkan beragam wahana permainan seru. Wahana ikonik di Trans Studio Cibubur adalah roller coaster yang berada di atas gedung di Trans Studio Cibubur.

Pengunjung juga bisa menjajal keseruan wahana lain seperti Drift Car, Magic Ball, Pacific Rim, Gravitron, Monster War, I-Fly, Beach Walk, dan sebagainya. Harga tiket reguler Trans Studio Cibubur adalah Rp 250.000 pada weekday dan Rp 325.000 saat weekend

3. Buperta Cibubur

Buperta Cibubur, Jakarta TimurDok. https://pramuka.or.id/buperta-cibubur/ Buperta Cibubur, Jakarta Timur

Apakah kamu tengah mencari wisata alam di Cibubur? Maka kamu bisa berkunjung ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur atau lebih dikenal sebagai Buperta Cibubur.

Dari Stasiun LRT Harjamukti, jaraknya  sekitar 1,8 km atau enam menit berkendara. Selain organisasi Pramuka, Buperta Cibubur juga terbuka untuk pengunjung umum, berdasarkan informasi dari Kompas.com (14/6/2023).

Buperta Cibubur merupakan tempat berkemah dengan fasilitas yang terbesar di Asia Tenggara, berdasarkan informasi dari website resminya. Sejumlah fasilitas tersebut meliputi, Danau Situbaru, arboretum, taman lalu lintas, kolam renang, lapangan terbang pesawat ringan, serta pusat peragaan Satuan Karya. 

Harga tiket masuk Buperta Cibubur bagi pengunjung umum adalah Rp 10.000 per orang. Jika ingin berkemah, tarif sewa lokasi mulai dari Rp 20.000 per malam.

4. Taman Wisata Lebah 

Taman Wisata Lebah berada di kompleks Buperta Cibubur. Melansir dari laman resminya, obyek wisata ini berupa pusat edukasi tentang lebah.

Pengunjung akan mendapatkan informasi mengenai kehidupan lebah madu, interaksi dengan lebah madu, pengenalan ekosistem lebah, pengetahuan tentang produk lebah, dan terapi lebah.

Wisatawan juga bisa mengikuti simulasi panen madu yang disesuaikan dengan jumlah peserta. Wisata edukasi lebah ini bisa diikuti kelompok bermain, komunitas, keluarga, instansi pendidikan formal, dan sebagainya.

Baca juga:

5. Taman Apung 

Taman Apung berlokasi di Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Jaraknya dari Stasiun LRT Harjamukti sekitar 3,3 km atau 9 menit berkendara.

Ruang terbuka hijau ini, bisa menjadi salah satu alternatif wisata murah di Jakarta Timur. Pengunjung tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Meskipun gratis, fasilitas Taman Apung cukup memadai, seperti danau buatan di tengah taman, kursi taman, toilet, area bermain anak, dan sebagainya. Keberadaan danau buatan dengan ikan di dalamnya, menambah kesegaran ruang publik ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com