Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Malaysia Dominasi Kunjungan ke Aceh pada Juli 2023

Kompas.com - 02/09/2023, 08:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 2.582 wisatawan mancanegara (wisman) tercatat mengunjungi Aceh pada Juli 2023. Wisman yang paling banyak ke Tanah Rencong ini merupakan wisman asal Malaysia. 

"Wisman yang masuk ke Provinsi Aceh pada Juli sebanyak 2.582 orang. Angka ini terjadi peningkatan dibanding Juni 2023 sebanyak 2.166 orang," kata Statistisi Ahli Madya Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Andariati Afrida dikutip dari Antara, Jumat (1/9/2023).

Baca juga:

Tercatat ada 1.866 wisman asal Malaysia yang mengunjungi Aceh pada Juli 2023, disusul oleh wisman asal Thailand yang sebanyak 219 orang dan wisman asal Belanda sebanyak 28 orang.

Di peringkat selanjutnya ada wisman asal Jerman sebanyak 23 orang, wisman asal Perancis sebanyak 22 orang, wisman asal Inggris sebanyak 18 orang, dan wisman asal Amerika Serikat sebanyak 17 orang.

Selanjutnya wisman asal Singapura sebanyak 16 orang, wisman asal Australia sebanyak 11 orang, dan wisman asal Selandia baru sebanyak dua orang. Sementara itu, jumlah wisatawan lainnya adalah 359 orang. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Aceh, Bisa Petik Kopi Gayo

Ilustrasi alam bawah laut di Pulau Rubiah, Aceh.Dok. Shutterstock/Moch Arif Setijo Noegroho Ilustrasi alam bawah laut di Pulau Rubiah, Aceh.

Apabila dibandingkan dengan Juni 2023 lalu, wisman asal Malaysia tetap berada di peringkat teratas dengan jumlah kunjungan sebanyak 1.701 orang. 

Kepala BPS Aceh Ahmadriswan Nasution menyampaikan, naiknya jumlah kunjungan wisman ke Tanah Rencong terjadi setelah pemerintah membuka rute penerbangan internasional langsung dari Bandara Sultan Iskandar Muda sejak Oktober 2022.

"Jadi seiring mobilitas yang semakin meningkat tercermin jumlah penumpang yang meningkat," tuturnya. 

Baca juga:

Secara garis besar, total wisman yang mengunjungi Aceh periode Januari 2023-Juli 2023 mencapai 15.158 orang. Sebagian besar dari wisman tersebut mengunjungi Kota Banda Aceh dan Kota Sabang. 

"Paling dominan (wisman) ke Banda Aceh dan Sabang. Wisatawan kebanyakan dari Malaysia karena wisata Islami dan dekat (antara-Aceh dan Malaysia)," ujar Ahmadriswan.

Baca juga: 4 Tips Snorkeling di Pulau Rubiah Aceh, Jangan Lewati Pembatas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com