Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Daya Tarik Wisata di Penang untuk Gaet Wisatawan Indonesia

Kompas.com - 06/09/2023, 06:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber UNESCO,UNESCO

KOMPAS.com - Penang Glonal Tourism menawarkan kunjungan ke beberapa wisata pilihan guna mendorong kedatangan wisatawan nasional asal Indonesia ke Penang, Malaysia.  

"Indonesia menjadi salah satu pasar terpenting bagi Penang karena wisatawan terbanyak yang datang ke Penang berasal dari Indonesia," kata Chief Executive Officer Penang Global Tourism, Ooi Chok Yan saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Baca juga:

Ooi melanjutkan, berdasarkan data dari Departemen Imigrasi Penang, Malaysia, jumlah kunjungan wisatawan asal Indonesia ke Penang melalui jalur penerbangan menduduki peringkat pertama pada periode Januari 2023-Juli 2023.

 

"Pada periode Januari hingga Mei 2023, jumlah wisatawan Indonesia ke Penang menggunakan penerbangan langsung yakni sebanyak 130.000 wisatawan," katanya.

Sementara itu, lanjutnya, wisatawan nasional asal Indonsia yang datang ke Penang dengan kapal pesiar pada periode yang sama yakni sebanyak 22.000 wisatawan.

Baca juga: 10 Pusat Jajanan Kaki Lima di Penang yang Wajib Didatangi

Ooi menuturkan, sebagian besar alasan wisatawan Indonesia datang ke Penang yaitu karena kepentingan medis. Padahal, lanjutnya, Penang juga menyimpan banyak tempat wisata yang sayang dilewatkan.

Maka dari itu, ia pun mengenalkan beberapa daya tarik wisata di Penang untuk wisatawan nasional asal Indonesia:

Ragam rekomendasi wisata di Penang

1. Wisata di Seberang Perai

Ilustrasi burung kuntul kerbau atau cattle egret di Penang Bird Park, Malaysia.Dok. Unsplash/You Le Ilustrasi burung kuntul kerbau atau cattle egret di Penang Bird Park, Malaysia.

Seberang Perai ialah sebuah kota yang terletak di Semenanjung Malaysia dan berseberangan dengan Pulau Pinang.

Di Kota Seberang Perai, kata Ooi, ada wisata alam, rekreasi, budaya, sejarah, dan kuliner yang bisa dijelajahi. Beberapa di antaranya Rope Walk di Taman Selat (sejenis pasar barang antik), Rekreasi Air Hitam Dalam, Penang Bird Park, dan Taman Rimba Bukit Mertajam.

Di Penang Bird Park, misalnya, wisatawan bisa melihat sekitar 3.000 jenis burung. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dengan tiket masuk seharga mulai 45 ringgit Malaysia (sekitar Rp 148.147), dikutip dari laman resminya.

Baca juga: Berlibur ke Penang? Ini Dia Festival yang Wajib Dikunjungi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com