Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iriana Jokowi Ajak Para Pendamping Pemimpin ASEAN ke TMII

Kompas.com - 07/09/2023, 15:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ibu Negara Iriana Jokowi mengajak para pendamping pemimpin KTT ASEAN berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam acara Spouse Program Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43, Rabu (6/9/2023).

Pada kegiatan ini Iriana mengajak para pendamping pemimpin untuk berkeliling sembari mengenalkan kekayaan budaya Indonesia.

"Ibu Iriana memberikan arahan kepada kami semua bahwa Spouse Program harus berkesan baik. Termasuk di dalamnya memberikan ruang untuk interaksi, sehingga tidak terasa kaku," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, dalam video unggahan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/9/2023).

Baca juga: Menparekraf Sebut Delegasi KTT Ke-43 ASEAN Banyak Perpanjang ke Bali

Melukis hingga menengok produk UMKM

Dalam kegiatan tersebut, Iriana tidak hanya mengajak para pendamping pemimpin KTT ASEAN untuk menyaksikan atraksi seni budaya, tetapi juga mengajak untuk menggoreskan cat pada kanvas. Setelah itu para pelukis akan membuat lukisan dari goresan tersebut.

"Lukisan ini sebagai suvenir yang akan diberikan ibu negara kepada para anggota Spouse," kata Rika.

Ibu Negara Iriana Jokowi (kiri) memberikan lukisan kepada para pendamping pemimpin KTT ASEAN 2023, Rabu (6/9/2023).YOUTUBE BIRO PERS, MEDIA, DAN INFORMASI SEKRETARIAT PRESIDEN Ibu Negara Iriana Jokowi (kiri) memberikan lukisan kepada para pendamping pemimpin KTT ASEAN 2023, Rabu (6/9/2023).

Pada kegiatan ini Iriana juga mempromosikan produk lokal dari UMKM dan mengenalkan bahwa produk lokal juga punya kualitas yang layak untuk merambah pasar internasional.

Beberapa produk UMKM yang dipromosikan di sini sepeti tas, pakaian, makanan sehat. dan olahan keramik. Produk UMKM ini kemudian dibawa oleh para pendamping pemimpin sebagai oleh-oleh.

"Semua tamu yang hadir menyampaikan rasa kebahagiaan, bahkan merasa semakin dekat dengan Ibu Negara (Iriana)," katanya.

Baca juga: Jadi Lokasi Gala Dinner KTT ASEAN 2023, Ketahui 6 Fakta Hutan Kota by Plataran 

Ia melanjutkan, para pendamping pemimpin dari ASEAN merasa terharu karena meskipun banyak negara yang hadir, tapi mereka merasa sangat diperhatikan secara personal.

"Mulai dari tampilan budaya, makanan, dan tarian, ini mewakili negara-negara yang hadir. Ini sangat menyentuh mereka" kata Rika.

Rangkaian acara

Mengutip siaran resmi ASEAN Indonesia 2023, mulanya para Ibu Negara dijamu sarapan di Panggung Budaya, TMII.

Konsep jamuan ini berada di luar ruangan, sehingga para tamu bisa melihat secara langsung keindahan miniatur pulau Indonesia di danau Archipelago.

Wajah baru Danau Archipelago TMII setelah revitalisasiKOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wajah baru Danau Archipelago TMII setelah revitalisasi

Saat makan siang, para tamu dijamu di Sasono Hutomo, yaitu aula dengan arsitektur khas. Hal ini diyakini akan memberikan kesan kepada pada tamu.

Perjalanan dari Panggung Budaya menuju Sasono Hutomo ini difasilitasi dengan mobil terbuka TMII.

Mobil melaju melewati anjungan Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Bengkulu.

Baca juga: Selama KTT ASEAN, Sejumlah Stasiun MRT Akan Diramaikan Produk UMKM

Saat melewati setiap anjungan, para tamu disuguhkan dengan tampilan khas masing-masing daerah tersebut.

Beberapa di antaranya seperti tarian dari pemuda pemudi, serta tampilan sekelompok anak yang memainkan alat mudik tradisional khas daerahnya.

“Mereka bisa melihat sinopsis budaya Indonesia yang berbeda. Sehingga, mereka bisa melihat secara langsung keberagaman dan keindahan arsitektur anjungan Indonesia, ” kata Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo, Rabu.

Arie mengungkapkan, penting membuat para tamu negara memahami setiap obyek yang dilihat di TMII agar mereka bisa menyebarkan informasi soal indahnya Indonesia di negara masing-masing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com