Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Lokasi Kebakaran Gunung di Indonesia pada September 2023 

Kompas.com - 09/09/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Kebakaran Bukit Teletubbies di kawasan wisata Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur tengah menyita perhatian publik. Setidaknya 50 hektar lahan terbakar akibat pengunjung menyalakan suar atau flare saat foto prewedding, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/9/2023). 

Selain Gunung Bromo, sejumlah kawasan gunung di Indonesia mengalami kebakaran  sepanjang September 2023 ini. Kompas.com merangkum lokasi kebakaran gunung sepanjang September 2023, sebagai berikut: 

Baca juga:

1. Gunung Bromo

Seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) berada di sekitar Pos Jemplang, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menutup total aktivitas wisata dari semua pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo, penutupan tersebut dilakukan untuk kelancaran proses pemadaman dan keamanan pengunjung akibat kebakaran yang terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Telletubies pada Rabu (6/9). ANTARA FOTO/Irfan Sumanjaya Seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) berada di sekitar Pos Jemplang, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (7/9/2023). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menutup total aktivitas wisata dari semua pintu masuk menuju kawasan Gunung Bromo, penutupan tersebut dilakukan untuk kelancaran proses pemadaman dan keamanan pengunjung akibat kebakaran yang terjadi di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Telletubies pada Rabu (6/9).

Insiden kebakaran lahan di kawasan wisata Gunung Bromo terjadi setidaknya tiga kali sepanjang September 2023 ini, pada lokasi yang berbeda-beda.

Penemuan titik api pertama di kawasan wisata Gunung Bromo, sebetulnya sudah terjadi sejak Selasa (29/8/2023) di lereng utara Jalan Malang-Lumajang, dan menjalar ke arah savana dan blok Jemplang (Malang). Imbasnya, pintu masuk dari Coban Trisula (Malang), Jemplang (Malang), dan Senduro (Lumajang) ditutup pada Jumat (1/9/2023) pukul 20.00 WIB.

Setelah ditutup selama dua hari, maka sejumlah pintu masuk kawasan Gunung Bromo tersebut kembali dibuka pada Minggu (3/9/2023).

Belum genap 24 jam, insiden kebakaran kembali melanda kawasan wisata Gunung Bromo. Kali ini, kebakaran terjadi di selatan view point Gunung Penanjakan atau pintu masuk via Pasuruan, seperti dikutip dari Kompas.com (3/9/2023). Imbasnya, pintu masuk Wonokitri (Pasuruan) ditutup bagi pengunjung mulai, Minggu (3/9/2023) pukul 18.00 WIB.

Selang dua hari, pintu masuk Wonokitri (Pasuruan) serta kawasan view point Gunung Penanjakan, kembali dibuka pada Selasa (5/9/2023) pukul 18.00 WIB.

Hanya selang sehari, kebakaran kembali terjadi di kawasan wisata Gunung Bromo pada Rabu (6/9/2023) yang mengakibatkan kawasan wisata Gunung Bromo tutup total untuk sementara. Kali ini, titik api berada di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo. 

Ironisnya, pemicu kebakaran tersebut adalah aktivitas foto prewedding yang dilakukan pengunjung dengan menggunakan flare. Hal itu dibenarkan oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Betul (karena prewedding)," ujar Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani, dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/9/2023). 

Baca juga:

2. Gunung Arjuno

Karhutla di Gunung ArjunoDok Biro Adpim Provinsi Jatim Karhutla di Gunung Arjuno

Kebakaran di Gunung Arjuno, Kabupaten Malang, Jawa Timur pertama kali diketahui pada, Sabtu (26/8/2023) dini hari, berdasarkan informasi dari Kompas.com

Imbasnya, aktivitas pendakian salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, tutup sementara. Penutupan aktivitas pendakian berlaku untuk semua jalur, baik via Tretes, Purwosari, Kabupaten Pasuruan, via Lawang, Kabupaten Malang, serta via Batu, Kota Batu.

Informasi terbaru pada Kamis (7/9/2023) kemarin, titik kebakaran di Kabupaten Malang sudah berhasil dipadamkan, seperti dikutip dari Kompas.com. Masih tersisa titik api di wilayah Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto.

Penyebab kebakaran Gunung Arjuno diduga akibat aktivitas perburuan liar. Total luasan lahan di kawasan Gunung Arjuno yang terbakar mencapai lebih dari 3.900 hektare.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com