Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maskapai Thailand Ini Timbang Berat Badan Penumpang Sebelum Naik Pesawat

Kompas.com - 18/09/2023, 08:55 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Thailand, Bangkok Airways menimbang berat badan penumpang dan berat bawaan mereka sebelum naik pesawat mulai Jumat (15/9/2023).

"Mulai tanggal 15 September hingga 31 Oktober 2023, kami ingin mengumpulkan informasi dengan menimbang penumpang termasuk bagasi jinjing di pintu keberangkatan," bunyi keterangan Bangkok Airways dikutip dari laman resminya, Senin (18/9/2023).

Baca juga:

Pihak maskapai penerbangan melanjutkan, kebijakan ini sejalan dengan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional mengenai penggunaan standar berat penumpang dan bagasi.

Penimbangan berat badan dan bagasi ini dilakukan guna memastikan bahwa berat sebenarnya tidak melebihi batasan berat maksimum untuk pesawat saat lepas landas.

"Pelaksanaan survei berat standar sangat penting untuk keselamatan dan efisiensi penerbangan," bunyi pengumuman tersebut. 

Pihak maskapai penerbangan juga menjamin kerahasiaan informasi berat badan dan berat bagasi setiap penumpang.

Baca juga: Pilihan Resor Keluarga di Krabi Thailand, 10 Menit ke Pantai Ao Nang

Ilustrasi pesawat Bangkok Airways.Dok. Wikimedia Commons/Anna Zvereva Ilustrasi pesawat Bangkok Airways.

"Kami menjamin bahwa informasi tersebut akan dijaga kerahasiaannya dan akan digunakan untuk memperbarui informasi standar berat penumpang dan bagasi," tambah penngumuman tersebut. 

Sementara itu, dikutip dari laman Thaipbsworld, kebijakan serupa sebelumnya telah diterapkan oleh maskapai penerbangan Korean Air dan New Zealand.

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (23/8/2023), maskapai penerbangan Korean Air menerapkan kebijakan ini sebagai upaya untuk memperkuat keselamatan dan meminimalisasi penggunaan bahan bakar yang berlebihan.

Baca juga:

Di Korea, kebijakan ini diterapkan untuk penerbangan baik domestik maupun internasional.

Pada penerbangan domestik, kebijakan ini dilakukan di Bandara Internasional Gimpo mulai Senin (28/8/2023) sampai Rabu (6/9/2023).

Sementara itu, untuk penerbangan internasional kebijakan ini dilakukan di Bandara Internasional Incheon mulai Jumat (8/9/2023) sampai Selasa (19/9/2023).

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Luar Negeri di Kompetisi Agoda, Thailand Terfavorit

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com