Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Thailand, Ada Ayutthaya dan Buriram

Kompas.com - 03/09/2023, 10:56 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thailand memiliki beragam daya tarik, mulai dari sejarah, budaya, kuliner, hingga kehidupan di perkotaan. Maka dari itu, jika sedang merencanakan liburan akhir tahun, Negeri Gajah Putih bisa jadi pilihan.

"Masyarakat Indonesia biasanya berwisata ke luar negeri akan mempersiapkan rencana dari jauh-jauh hari. Sementara kalau berwisata di Indonesia biasanya masyarakat pesan tiket last minute," kata Ketua Umum Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), Pauline Suharno kepada Kompas.com di Jakarta Utara, Kamis (31/8/2023).

Baca juga:

Mengacu terhadap buku panduan wisata yang Kompas.com peroleh pada saat pameran perjalanan Astindo Travel Fair 2023, setidaknya ada lima destinasi di Thailand yang wajib didatangi.

Destinasi wisata di Thailand

1. Ayutthaya

Taman Bersejarah Ayutthaya atau Ayutthaya Historical Park di Thailand.Dok. Unsplash/Federico Mata Taman Bersejarah Ayutthaya atau Ayutthaya Historical Park di Thailand.

Ayutthaya merupakan ibu kota Kerajaan Siam pada zaman dahulu, sekitar tahun 1350-1767, sebelum pindah ke Thonburi dan berakhir pindah ke Bangkok sampai saat ini.

Ayutthaya terkenal sebagai kota tua di Thailand dengan reruntuhan kuilnya sehingga menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit para fotografer.

Area reruntuhan di Ayutthaya Historical Park saat ini terdaftar sebagai warisan sejarah dunia UNESCO.

Beberapa lokasi yang bisa dikunjungi saat mampir ke Ayutthaya, di antaranya Ayutthaya Floating Market, Bang Pa In Summer Palace, Wat Phra Mahathat, Wat Niwet, dan Wat Yai Chai Mongkhon.

Baca juga:

2. Nakhon Pathom

Salah satu sudut Sanam Chandra Palace di Nakhon Pathom. Istana ini merupakan kediaman Raja Vajiravudh (Rama VI). KOMPAS/SUSIE BERINDRA Salah satu sudut Sanam Chandra Palace di Nakhon Pathom. Istana ini merupakan kediaman Raja Vajiravudh (Rama VI).

Selain Ayutthaya, ketua tertua selanjutnya yang ada di Thailand yaitu Nakhon Pathom.

Nama Nakhon Pathom berasal dari bahasa Pali "Nagara Pathama" yang berarti Kota Pertama.

Di daerah ini, wisatawan akan menemukan banyak situs arkeologi dan religi. Beberapa di antaranya seperti Dragon Temple Samphran, Suan Sampran, Istana Sanam Chan, dan Thai Human Imagery.

Baca juga: Perayaan Waisak di Thailand, Ada Tradisi Menyalakan Lilin 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com