Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Taman Botani Baturraden di Banyumas, Kenali Banyak Tanaman

Kompas.com - 18/09/2023, 17:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Taman Botani Baturraden bisa jadi tempat wisata keluarga di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Di tempat ini, pengunjung bisa mengenali beragam jenis tanaman hias dan menginap di akomodasi yang telah disediakan, antara lain area perkemahan dan homestay.

Baca juga:

"Kami mengoleksi sekitar 700 jenis tanaman," kata Koordinator Humas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lokawisata Baturraden, Topan Pramukti, dikutip dari Antara, Senin (18/9/2023).

Aneka tanaman yang bisa dinikmati pengunjung, seperti anggrek, tanaman hias endemik Banyumas, dan tanaman keras. Di antaranya adalah kantong semar (Nepenthes adrianii) yang merupakan endemik Gunung Slamet dan pohon pule (Alstonia scholaris L.).

Pengunjung juga bisa mendatangi empat greenhouse yang menjadi tempat untuk tanaman anggrek, kaktus, bonsai, dan bromelia. 

Replika beruang berukuran besar yang terbuat dari tanaman kucai (Allium tuberosum) yang menjadi ikon Taman Botani Baturraden, Kabupaten Banyumas.Dok. ANTARA/Sumarwoto Replika beruang berukuran besar yang terbuat dari tanaman kucai (Allium tuberosum) yang menjadi ikon Taman Botani Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Di sekitar tanaman atau greenhouse tersedia kode QR di papan informasi guna mengetahui lebih jauh tanaman yang ada. Pengunjung tidak hanya mengetahui asal tanaman, tapi juga karakternya dan fungsinya.

Puas menjelajahi Taman Botani Baturraden, wisatawan bisa bermalam di dua area perkemahan atau empat homestay berkapasitas total 40 orang.

Sebagai informasi, diresmikan pada Desember 2022, Taman Botani Baturraden sesungguhnya menjadi bagian dari Lokawisata Baturraden yang waktu itu dikelola oleh UPT Lokawisata Baturraden, Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas. 

Baca juga:

Setelah dikelola BLUD UPT Lokawisata Baturraden, tempat wisata yang menempati lahan seluas dua hektar ini menjadi tempat wisata terpisah dengan Lokawisata Baturraden.

Dikutip dari Tribun Jateng, Taman Botani Baturraden dibuka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB.

Harga tiket masuknya mulai Rp 15.000 saat hari biasa dan mulai 20.000 saat akhir pekan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com