Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Tempat Wisata Makassar, Ada Pantai dan Bangunan Bersejarah

Kompas.com - 20/09/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini, menyimpan banyak potensi wisata

Wisata di Makassar mulai dari pantai, pulau, bangunan bersejarah, wisata religi, wahana permainan, dan sebagainya. Jika berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk mampir ke sejumlah destinasi wisata tersebut.

Baca juga:

Tempat wisata di Makassar 

Kompas.com merangkum tempat wisata di Makassar sebagai berikut.

1. Pantai Losari 

Tempat wisata di Makassar bernama Pantai Losari.SHUTTERSTOCK/Sony Herdiana Tempat wisata di Makassar bernama Pantai Losari.

Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Daya tarik Pantai Losari adalah panorama sunset di Selat Makassar yang eksotis.

Spot wisata favorit wisatawan adalah Anjungan Pantai Losari. Destinasi berupa ruang terbuka publik ini menawarkan pemandangan indah ke Selat Makassar, Masjid Terapung, Masjid 99 Kubah, dan sebagainya, berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/1/2022).

Selain itu, lokasinya Pantai Losari sangat strategis dan mudah diakses, karena berada di dekat pusat Kota Makassar. Waktu berkunjung terbaik ke Pantai Losari adalah sore menjelang senja, karena wisatawan bisa menyaksikan sekaligus mengabadikan siluet sunset.

2. Pantai Akkarena 

Ilustrasi tempat bersantai di Pantai Akkarena, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.Dok. Shutterstock/tyasindayanti Ilustrasi tempat bersantai di Pantai Akkarena, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pantai Akkarena menawarkan panorama yang tidak kalah menariknya dari Pantai Losari. Wisatawan bisa menikmati panorama sunset eksotis sembari bersantai di hamparan pasir atau di bangku-bangku yang tersedia, seperti dikutip dari Kompas.com (18/8/2023). 

Pantai yang buka pada 1998 ini, juga menawarkan fasilitas tempat makan, kafe, dan olahraga air. Beberapa olahraga air yang bisa dijajal, antara lain banana boat, jetski, bicycle water, dan pedal duck bike. 

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada Jalan Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Pada hari biasa, harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

3. Pantai Anging Mammiri 

Pantai ini  merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kota Makassar, lantaran memiliki banyak daya tarik. Lokasinya berada di di Tanjung Bunga, Kota Makassar. 

Nama Anging Mammiri berarti angin yang berhembus. Pantai ini merupakan tempat populer untuk menggelar acara outdoor, seperti pernikahan, pesta ulang tahun, perkumpulan komunitas, dan sebagainya.

Dengan ombak yang cenderung tenang, pengunjung bisa beraktivitas di sepanjang bibir pantai. Tersedia sejumlah wahana di Pantai Anging Mammiri, seperti jetski, banana boat, dan perahu yang mampu mengantarkan penumpang untuk menjelajahi area pantai

4. Pantai Tanjung Bayang 

Pantai populer di Makassar lainnya adalah Pantai Tanjung Bayang, yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. 

Ada beragam aktivitas wisata di Pantai Tanjung Bayang seperti naik wahana, hunting foto, atau sekadar santai di pinggir pantai. Berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki, ada tongkrongan kekinian di Pantai Tanjung Bayang, yakni Zona Nyaman The Beachstone Cafe.

Kafe ini mengadopsi suasana kafe-kafe di Bali, sehingga menarik minat wisatawan. Jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Bayang, wisatawan akan dikenai tiket masuk mulai dari Rp 10.000 per orang.

Baca juga:

5. Pantai Layar Putih 

Pantai ini masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Tanjung Bayang. Tepatnya di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kota Makassar.

Pantai Layar Putih merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati panorama sunset di Selat Makassar. Ada sejumlah gazebo di pinggiran pantai yang tersedia bagi wisatawan.

Pengunjung tidak dipungut tiket masuk saat berkunjung ke Pantai Layar Putih. Namun, ada tarif retribusi parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com