Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Tri Mountain Taiwan?

Kompas.com - 21/09/2023, 12:14 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tri Mountain adalah wilayah di bagian tengah Taiwan yang memiliki daya tarik berupa pemandangan indah, budaya, kuliner, dan hasil perkebunan.

Wilayah ini terdiri dari tiga gunung, yaitu Gunung Kepala Singa, Lishan, dan Baguashan. Setiap area Tri Mountain punya keunikan tersendiri, tapi secara keseluruhan, kawasan ini paling terkenal dengan hasil teh dan buah apel.

Baca juga:

Mengetahui kapan waktu terbaik mengunjungi wilayah ini bisa membantu kita mendapatkan momen liburan yang lebih maksimal.

"Di Tri Mountain ini yang paling terkenal adalah teh dan buah apel. Kawasan ini cocok dikunjungi saat bulan panen," kata Direktur Administrasi Pariwisata, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Taiwan, Tsao Chung-Yu kepada awak media di Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2023).

Ia melanjutkan, musim panen di kawasan Tri Mountain berlangsung mulai bulan enam sampai bulan kedua pada tahun berikutnya, atau pada Juni sampai Februari.

Maka dari itu, bila hendak menikmati hasil panen di area Tri Mountain, berkunjung ke Tri Mountain pada saat musim panen bisa jadi pilihan terbaik.

"Teh hasil kebun di Tri Mountain ini biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan," katanya.

Baca juga:

Selain panen teh dan buah apel, di salah satu area Tri Mountain, tepatnya adi Gunung Lishan, juga terkenal dengan buah pir.

Mengutip dari laman Kompas.com (8/9/2023), musim buah pir dan buah persik di Gunung Lishan berlangsung pada bulan Juli dan Agustus.

Khusus musim buah pir, wisatawan dapat menemukannya kembali pada November dan Desember

Gaet wisatawan Indonesia

Saat mengenalkan wisata Tri Mountain di Jakarta, Rabu, Tsao menyebut bahwa pasar Indonesia di Taiwan dinilai cukup besar.

Ilustrasi Taman Bunga Sakura di Fushoushan Farm di Lishan, Taiwan.Dok. Shutterstock/weniliou Ilustrasi Taman Bunga Sakura di Fushoushan Farm di Lishan, Taiwan.

Hal ini juga didukung dengan banyaknya orang Indonesia yang menetap di Taiwan, khususnya di kawasan Tri Mountain.

"Di Tri Mountain itu banyak sekali warga negara Indonesia. Beberapa di antaranya datang dari kalangan pekerja, siswa, dan mahasiswa," ujarnya.

Baca juga: 5 Wisata Keluarga di Taiwan, Naik Bianglala Setinggi 100 Meter

Menambahkan dari laman Kompas.com (28/2/2023), Direktur Biro Pariwisata Taiwan, Abe Chou, menargetkan sekitar 150.000 wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke Taiwan sepanjang 2023.

Target tersebut berkaca pada jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan sebelum pandemi Covid-19 yang mencapai 230.000 orang pada 2019.

Tsao menyebutkan, melalui pengenalan wisata Tri Mountain di Indonesia, diharapkan adanya peningkatan wisatawan Indonesia ke Taiwan sekitar 10 persen dalam rentang waktu hingga dua tahun ke depan.

Baca juga: Liburan ke Taiwan, Catat 4 Hal Penting Ini

Sementara itu, khusus di kawasan Tri Mountain, Tsao menargetkan kenaikan kunjungan wisatawan nasional asal Indonesia sekitar 30 hingga 40 persen dalam rentang waktu hingga dua tahun ke depan.

"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tri Mountain tidak terlalu banyak, jadi kita harapkan ada kenaikan 30 hingga 40 persen (wisatawan nasional asal Indonesia) ke Tri Mountain," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com