Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Safari Beach Jateng, Bisa Nonton Lumba-lumba Hidung Botol

Kompas.com - 24/09/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Safari Beach Jateng adalah salah satu unit Taman Safari Indonesia yang berada di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Berbeda dengan unit Taman Safari Indonesia lainnya, Safari Beach Jateng berada di tepi pantai, yakni Pantai Sigandu.

Jadi, sembari menikmati atraksi satwa, wisatawan juga bisa menyaksikan panorama pantai pesisir utara. Jika ingin berkunjung lokasinya berada di Jalan Pantai Sigandu - Ujungnegoro, Klidang Lor, Batang, Jawa Tengah.

Baca juga:

Safari Beach Jateng merupakan wajah baru dari Batang Dolphin Center. Dengan konsep baru, Safari Beach Jateng dilengkapi dengan mini safari, pertunjukkan edukasi, wahana permainan, dan area hiburan di tepi pantai.

Destinasi ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga termasuk anak-anak. Pengunjung bisa melihat atraksi aneka satwa, mendapatkan informasi, sekaligus berinteraksi langsung dengan satwa.   

Lumba-lumba hidung botol

Atraksi lumba-lumba hidung botol di Safari Beach JatengDok. https://tamansafari.com/ Atraksi lumba-lumba hidung botol di Safari Beach Jateng

Safari Beach Jateng memiliki koleksi beragam satwa dari lima benua, termasuk beberapa satwa langka dari Indonesia. Salah satu ikon Safari Beach Jateng adalah lumba-lumba hidung botol.

Lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik (tursiops aduncus) adalah satwa mamalia bukan jenis ikan, melansir dari situs resmi Safari Beach Jateng. Sebab, lumba-lumba hidung botol bernafas dengan paru-paru.

Pengunjung bisa menyaksikan atraksi dari lumba-lumba hidung botol didampingi dengan pelatih. Hewan mamalia yang hidup berkelompok ini, termasuk satwa laut yang ramah dan dapat bersahabat dengan manusia.

Baca juga:

Sayangnya, lumba-lumba hidung botol terancam hampir punah. Selain predator laut, yaitu ikan hiu, terdapat ancaman lainnya yang dapat mengurangi populasinya.

Misalnya, gangguan dan kerusakan pada habitat aslinya, penangkapan ikan yang berlebihan, perubahan iklim, dan polusi laut juga menjadi ancaman bagi mereka. 

Adapun jadwal pertunjukkan lumba-lumba botol di Safari Beach Jateng atau Dolphins Show, yakni pukul 11.00 WIB, 13.00 WIB, dan 15.00 WIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com