Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Kyai Langgeng Ecopark Magelang, Wisata Hutan Buatan di Perkotaan

Kompas.com - 27/09/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Taman Kyai Langgeng Ecopark atau TKL Ecopark merupakan salah satu wisata alam di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kawasan wisata seluas 27,36 hektare ini berupa hutan buatan yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, dikutip dari situs resminya.

Taman Kyai Langgeng berada di Jalan Cempaka Nomor 6, Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Wisatawan yang berkunjung ke Taman Kyai Langgeng akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Sumbing. 

Baca juga:

Kemudian, gemericik air Sungai Progo, panorama hamparan sawah di lereng gunung, serta ratusan pohon langka menambah pesona Taman Kyai Langgeng. Tak heran jika obyek wisata ini merupakan salah satu destinasi populer di Magelang yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Sejarah singkat Taman Kyai Langgeng 

Taman Kyai Langgeng Magelang atau TKL Ecopark, yang merupakan obyek wisata hutan buatan di perkotaan dilengkapi berbagai fasilitas 
Dok. Taman Kyai Langgeng Taman Kyai Langgeng Magelang atau TKL Ecopark, yang merupakan obyek wisata hutan buatan di perkotaan dilengkapi berbagai fasilitas

Taman Kyai Langgeng didirikan pada 1981. Mulanya, Taman Kyai Langgeng adalah Taman Rekreasi dan Taman Flora seluas lima hektare, berdasarkan informasi dari situs resminya.

Pada 1982, Taman Rekreasi dan Taman Flora tersebut dikembangkan lantaran masih memiliki potensi lahan yang luas. Taman tersebut dikembangkan menjadi hutan buatan di tengah kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota sekaligus kawasan konservasi dan pusat edukasi.

Baca juga:

Pada 3 September 1987,  Taman Rekreasi dan Taman Flora resmi berganti nama menjadi Taman Kyai Langgeng. Nama obyek wisata ini diambil dari seorang toko perjuangan di Magelang pada masa Perang Diponegoro atau Perang Jawa yang berlangsung pada 1825 – 1830.

Kyai Langgeng merupakan sosok ulama dan penasehat Pangeran Diponegoro saat melawan penjajah Belanda, khususnya di Magelang. Makam Kyai Langgung bisa dijumpai di dalam area taman.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com