Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karhutla di Taman Nasional Baluran Capai 160 Hektar

Kompas.com - 28/09/2023, 14:57 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla di kawasan Gunung Baluran, Situbondo, Jawa Timur telah terjadi sejak Senin (25/9/2023).

Balai Taman Nasional Baluran mencatat, luas lahan yang terdampak mencapai 160,61 hektar, hingga Rabu (27/9/2023), seperti dikutip dari Antara.

Lahan yang terdampak kian meluas karean disebabkan angin kencang, sehingga api menjalar dengan cepat.

"Pada hari pertama dan hari kedua luas kebakaran hutan kami laporkan 88,66 hektar dan hari ketiga Rabu kemarin 71,95 hektar. Semoga hari ini api bisa dikendalikan," ujar Humas Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono di Situbondo, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Ia menambahkan, petugas taman nasional dibantu relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) dan mitra taman nasional yang jumlahnya sekitar 50 orang kembali melakukan penyisiran ke lokasi karhutla karena asap, yang menjadi tanda karhutla, dan api terpantau sudah berkurang.

"Untuk memastikan kebakaran hutan di Gunung Baluran, pagi tadi petugas Taman Nasional Baluran dibantu relawan Masyarakat Peduli Api dan mitra taman nasional kembali menyisir titik api," kata dia.

Sejauh ini, pemadaman dilakukan menggunakan peralatan pemadam kebakaran tradisional, yakni gepyok dan jet shooter.

Baca juga: 4 Fakta Taman Nasional Baluran, Pesona Afrika di Ujung Jawa

Untuk diketahui, obyek wisata Taman Nasional Baluran Situbondo ditutup sementara sejak 25-30 September 2023 karena menjadi satu-satunya akses jalan yang digunakan petugas taman nasional untuk operasional dan mobilisasi petugas mengatasi karhutla di kawasan wisata itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com