Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Busana Adat yang Pernah Dipakai Jokowi Bisa Ditemui di TMII

Kompas.com - 28/09/2023, 16:35 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat bisa melihat secara langsung beberapa busana adat kenegaraan yang pernah dipakai oleh Presiden RI Joko Widodo secara langsung jika berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Kota Jakarta Timur. 

Busana-busana adat tersebut dipajang di salah satu museum yang ada di sana, yakni Museum Indonesia.

"Iya betul, (koleksi busana adat kenegaraan Jokowi) di lantai dua," ujar Humas TMII, Novera Mayang Sari, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Kamis (28/9/2023). 

Baca juga: Naik LRT ke TMII, Kini Bisa Lanjut Shuttle Gratis

Dikutip dari booklet TMII Jelajah Cerita Indonesia, Lantai 2 bertemakan Wastra nusantara tenun dari Sabang sampai Merauke. 

Tak hanya melihat koleksi busana adat yang dipakai Jokowi, kamu dapat menemukan beragam koleksi menarik di lantai 1 dan lantai 2 Museum Indonesia.

Lantai 1 bertemakan Akar budaya masa lalu dalam pameran artefak, sedangkan Lantai 3 bertemakan Masa depan bangsa yang ber Bhinneka dari Ibukota negara Nusantara (IKN). 

Museum Indonesia buka setiap hari Senin-Minggu, setiap pukul 09.00-17.00 WIB.

Baca juga: TMII Punya Tur Keliling Gratis, Begini Cara Ikutnya

Museum ini bisa dikunjungi gratis, hanya perlu membayar tiket masuk TMII sebesar Rp 25.000 per orang. 

Koleksi busana adat kenegaraan Jokowi 

Sebelum berkunjung, berikut informasi lima koleksi busana adat kenegaraan yang pernah dipakai Presiden Jokowi dan saat ini disimpan di Museum Indonesia. 

Presiden Joko Widodo saat berdoa disela-sela acara sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/8/2020).
Tribunnews/Jeprima Presiden Joko Widodo saat berdoa disela-sela acara sidang Tahunan MPR dan Sidang bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/8/2020).

1. Busana Adat Sabu Raijua (NTT)

Berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT), busana adat ini memiliki ragam hias bunga ros yang melambangkan kesucian hati dan kesamaan derajat.

Pakaian ini dikenakan pada saat menghadiri pelaksanaan Sidang Tahunan MPR Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, pada tahun 2020.

2. Busana Adat Tanimbar (Maluku)

Busana adat Tanimbar memiliki makna, yaitu membawa pesan filosofi kehidupan, keagungan, keuletan dan kemenangan. Makna tersebut berasal dari ragam hias anggrek dan sair yang terdapat pada kain tenun ikat yang dipakainya.

Pakaian ini dikenakan pada saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta sidang bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com