Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral karena Pandawara Group, Di Mana Lokasi Pantai Loji?

Kompas.com - 08/10/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pantai Loji tengah menjadi sorotan masyarakat. Hal ini usai Pandawara Group menyatakan bahwa Pantai Loji adalah pantai terkotor ke-4 dan melakukan aksi bersih-bersih pantai tersebut.

Mengutip Kompas.com (4/10/2023), sebelumnya rencana aksi bersih-bersih Pantai Loji oleh Pandawara Group tersebut sempat ditolak oleh Kepala Desa Sangrawayang, Muhtar. Belakangan, Muhtar mengklarifikasi bahwa dirinya tidak pernah menolak Pandawara tetapi dia menyayangkan aksi itu diunggah di media sosial.

Baca juga:

Akhirnya, Pandawara Group memperoleh izin bersih-bersih Pantai Loji pada Jumat (6/10/2023) kemarin dibantu oleh masyarakat, aparat desa, karang taruna, dan sejumlah instansi lainnya.

Di mana lokasi Pantai Loji

Tengah menjadi sorotan, lantas di mana lokasi Pantai Loji? Pantai Loji merupakan kawasan pantai yang berada di perbatasan Desa Loji dan Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Dari pusat Kota Sukabumi, jaraknya sekitar 62 kilometer (km) atau 2 jam berkendara. Pantai Loji berada tidak jauh dari kawasan Pantai Pelabuhan Ratu yang populer, jaraknya sekitar 12 km atau 25 menit berkendara.

Kawasan pantai ini masih termasuk dalam wilayah Geopark Global Ciletuh yang diakui UNESCO atau Ciletuh - Pelabuhan Ratu UNESCO Global Geopark. Berdasarkan informasi dari situs resminya, kawasan geopark global tersebut mencakup 74 desa yang tersebar di delapan kecamatan, yakni Simpenan, Cisolok, Cikakak, Palabuhan Ratu, Ciemas, Ciracap, Waluran, dan Surade.

Baca juga:

Pantai Loji memiliki pasir pantai hitam, serta dikelilingi dengan bebatuan karang. Keberadaan karang yang mengelilingi pantai tersebut merupakan salah satu daya tarik Pantai Loji.

Sekitar 2,7 km dari lokasi Pantai Loji, wisatawan bisa menjumpai Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa, atau dikenal sebagai Kuil Dewi Kwan Im atau Wihara Loji.

Keunikan tempat ibadah umat Buddha ini adalah berada di atas bukit serta menawarkan pemandangan langsung ke pantai selatan. Untuk mencapai puncak wihara, pengunjung harus mendaki sekitar 500 anak tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com