Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Dekat Sirkuit Mandalika, Bisa Mampir Saat Nonton MotoGP 2023

Kompas.com - 11/10/2023, 12:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Gelaran MotoGP Indonesia 2023 dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13-15 Oktober mendatang.

Penonton MotoGP Indonesia 2023 atau MotoGP Mandalika bisa mampir ke sejumlah tempat wisata di dekatnya. Bukan rahasia lagi jika Lombok merupakan salah satu magnet wisata di Indonesia yang memiliki banyak destinasi menarik.

Baca juga:

Tempat wisata dekat Sirkuit Mandalika 

Berikut rekomendasi tempat wisata dekat Sirkuit Mandalika, atau yang memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Circuit. Sirkuit internasional ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 

1. Pantai Kuta Lombok

Keindahan alam Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat.SHUTTERSTOCK/ZSTOCK Keindahan alam Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sekitar 4,3 kilometer (km) dari lokasi sirkuit, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Kuta Lombok. Daya tarik Pantai Kuta Lombok adalah memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Lombok ini, terkenal memiliki pasir putih yang bersih.

Selain itu, air lautnya berwarni biru kehijauan sehingga menambah pesonanya. Dari lokasi Pantai Kuta, wisatawan bisa menikmati pemandangan deretan bukit hijau yang ada di sekeliling pantai.

2. Pantai Seger 

Pantai Seger di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. SHUTTERSTOCK/MBOJOBACKPACKER Pantai Seger di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Seger berada sejajar dengan garis pantai pantai Kuta Lombok. Tepatnya Desa Sukadana, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Mengutip Kompas.com, (10/2/2022), Pantai Seger memiliki pasir putih yang dikelilingi oleh perbukitan hijau di sekitarnya. Ikon Pantai Seger adalah monumen Putri Mandalika yang tengah dikejar oleh tiga orang pangeran.

Monumen itu menggambarkan legenda setempat, yakni kisah Putri Mandalika yang diperebutkan tiga orang pangeran. Namun, Putri Mandalika memilih menenggelamkan diri di tengah samudera untuk menghindari pertumpahan darah di tanahnya, dikutip dari Kompas.com (21/2/2022).

Wisatawan juga bisa menjumpai batu karang unik berbentuk jamur yang dikenal dengan sebutan Batu Tengkong.

3. Bukit Seger 

Unggahan Alex Márquez yang pamer kecantikan pantai dari atas Bukit Seger di Mandalika.twitter.com/alexmarquez73 Unggahan Alex Márquez yang pamer kecantikan pantai dari atas Bukit Seger di Mandalika.

Tak jauh dari Pantai Seger, wisatawan bisa menjumpai hamparan Bukit Seger. Lokasi ini sempat viral karena menjadi spot foto pebalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez pada gelaran MotoGP Mandalika 2022 lalu, seperti dikutip dari Kompas.com (17/3/2022).

Bukit Seger merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan kemegahan Sirkuit Mandalika. Dari atas bukit, wisatawan bisa menyaksikan Tikungan 10 Sirkuit Mandalika dari puncak bukit.

4. Pantai Torok Bare

Pantai Torok Bare merupakan salah satu pantai tersembunyi di Lombok Tengah. Jaraknya dari Sirkuit Mandalika sekitar 8,6 km atau 16 menit berkendara.

Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, maka Pantai Torok Bare sangat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Pantai ini juga memiliki pasir putih bersih dan kelilingi perbukitan.

Baca juga:

5. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik. 
Dok. Indonesia Travel Pantai Tanjung Aan memiliki garis pantai sepanjang 2 kilometer (km) dengan pasir putih yang unik.

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai populer di Lombok Tengah. Melansir dari Pesona Indonesia, wisatawan bisa merasakan sensasi melangkah di atas butiran-butiran merica saat menginjakkan kakii di pantai ini.

Konon, hal tersebut terjadi karena pasir di pantai ini tercipta dari fosil-fosil karang yang hancur setelah sekian lamanya. Pantai Tanjung Aan juga menawarkan pemandangan eksotis laut biru yang dikelilingi perbukitan.

Lokasi Pantai Tanjung Aan berada di Sengkol, Kuta, Pujut, Lombook Tengah. Jaraknya, sekitar 6,8 km atau 13 menit berkendara dai Sirkuit Mandalika.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com