Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Kutu Busuk, Hindari Meletakkan Koper di Atas Kasur Hotel

Kompas.com - 12/10/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Saat tiba di kamar hotel, para tamu kerap kali meletakkan koper di atas kasur untuk membongkar barang bawaan. Ternyata, ada risiko yang mengintai jika tamu hotel langsung meletakkan koper di atas tempat tidur tanpa memeriksanya.

Melansir dari Mirror, meletakkan koper di atas kasur segera setelah masuk ke kamar hotel, berisiko terkena kutu busuk. Oleh sebab itu, para tamu disarankan memeriksa kasur lebih dulu, sebelum meletakkan koper atau barang bawaan lainnya di atas ranjang.

Baca juga:

Kutu busuk mulai menjadi sorotan masyarakat lantaran menjadi wabah di Perancis. Mengutip Daily Mail dalam Kompas.com (12/10/2023), wabah kutu busuk di Perancis menyebabkan banyak keluarga di Kota Marseille membuang kasur mereka yang penuh kutu busuk ke jalanan.

Sebuah rekaman menunjukkan warga sedang berjalan melewati kasur-kasur yang dibuang di salah satu jalan di kota terbesar kedua di Perancis ini.

Martin Seeley, CEO MattressNextDay, sebuah perusahaan produsen tempat tidur, mengungkapkan bahwa kutu busuk dapat masuk ke dalam koper dengan cepat. Imbasnya, kutu busuk bisa berpindah dari kasur ke koper tamu, hingga terbawa pulang ke rumah.

Jangan pernah meletakkan koper Anda di tempat tidur hotel. Biasanya, ketika Anda tiba di kamar hotel, Anda langsung meletakkan koper di tempat tidur tanpa memeriksa kutu busuk, dan mulai membongkar barang bawaan,” ujar Martin, dikutip dari Mirror, Kamis (12/10/2023).

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK/DMITRY BEZRUKOV Ilustrasi kutu busuk.

Martin menyarakan tamu hotel untuk lebih dulu membuka sprei saat tiba di kamar, guna memeriksa kutu busuk. Ciri-ciri keberadaan kutu busuk di kasur adalah noda merah, karat, atau warna gelap di kasur.

Untuk mengetahui apakah tempat tidur hotel terkena kutu busuk, tariklah penutup tempat tidur hingga kasurnya terlihat,” ujarnya.

Selain tempat tidur, pastikan tamu juga memeriksa bagian bawah kasur, laci tempat tidur, dan celah antara kasur dengan dinding.

Selain risiko kutu busuk, meletakkan koper di atas kasur berpotensi mengotori tempat tidur. Melansir dari Washington Post, roda koper adalah bagian kotor yang terkena berbagai kotoran di jalan, trotoar, lantai pada tempat publik, dan sebagainya.

Ada orang-orang yang membawa berbagai jenis kuman berbeda. Beberapa dari mereka sakit, dan mereka berada di tempat-tempat umum,” ujar Colleen Costello, CEO Vital Vio, sebuah perusahaan produsen lampu LED antibakteri dalam Washington Post.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com