Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Naik Candi Borobudur untuk Kajian Terbuka Sudah Dibuka

Kompas.com - 13/10/2023, 20:26 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur (TWC) membuka kesempatan bagi masyarakat yang hendak ikut Kajian Lapangan Terbuka naik Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Periode kajiannya mulai Jumat (13/10/2023) hingga Minggu (31/12/2023).

"Kajian Lapangan Terbuka ini dibatas kuota yakni 1.200 per hari. Per hari dibagi delapan sesi, jadi kuotanya 150 pengunjung per jam," dikutip dari laman resmi Instagram media TWC, seperti dikonfirmasi kembali oleh Kompas.com, Jumat (13/10/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, jumlah kuota harian untuk Kajian Lapangan Terbuka ini berlaku sama saat hari biasa, saat akhir pekan, ataupun hari libur nasional.

"(Kuota pengunjung) sama setiap harinya, khusus kunjungan pada hari Senin hanya sampai di area pelataran saja."

Menambahkan dari akun Instagram resmi @borobudurpark, pada kegiatan ini pengunjung nantinya akan didampingi oleh Pamong Carita yang akan menceritakan sejarah relief Borobudur.

Baca juga: Naik Puncak Candi Borobudur Hanya 1.200 Orang Per Hari, Menparekraf: Turis Berkualitas

Ilustrasi sandal upanat untuk dipakai saat naik ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.Dok. PT TWC Ilustrasi sandal upanat untuk dipakai saat naik ke Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Cerita mengenai relief Candi Borobudur ini nantinya akan dikisahkan melalui tujuh tema, di antaranya Mandala, Kalyanamitra, Mahakarya, Bhumisambara, Caitya, Dharma, dan Mahayana.

Saat mengikuti Kajian Lapangan Terbuka ini, pengunjung juga wajib memakai alas kaki khusus pelindung batu candi yang diproduksi masyarakat sekitar Borobudur. Tujuannya, supaya menjaga kelestarian batu Candi Borobudur.

Baca juga:

Tiket ikut Kajian Lapangan Terbuka naik Candi Borobudur dapat dibeli secara daring melalui tautan ticketcandi.borobudurpark.com.

 Tarifnya mulai Rp 120.000 untuk pengunjung dewasa dan mulai Rp 75.000 untuk pengunjung anak.

Bagi masyarakat yang berkesempatan ikut Kajian Lapangan Terbuka, disarankan untuk mengenakan pakaian berwarna putih.

Hal ini merupakan bentuk penghormatan ketika menaiki Candi Borobudur.

Baca juga: Pengalaman Ikut Menerbangkan Lampion Waisak di Candi Borobudur

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com