Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Ke-80 Sultan, Keraton Yogyakarta Gelar Pameran Lenggahing Harjuno

Kompas.com - 20/10/2023, 10:09 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan 80 tahun usia Sri Sultan Hamengku Buwono X, Keraton Yogyakarta menggelar rangkaian kegiatan dalam rangka mangayubagya bertajuk Lenggahing Harjuno.

Kegiatan tersebut diawali dengan pameran yang mengusung tajuk serupa, yakni Lenggahing Harjuno, Sultan, Takhta, dan Kedaulatan.

Pada pameran akan ditampilkan jejak sejarah Sultan sejak menjadi sosok pangeran muda hingga berbagai capaian dan paradigma kebudayaan yang dicanangkan saat menjadi Sultan dan Gubernur.

"Pisungsun 80 Tahun Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 adalah wujud darma bakti dalam menghadirkan ruas-ruas cerita hidup sang pemimpin melalui pameran. Diilhami dari sastra wulang Serat Lenggahing Harjuno, pameran akhir tahun ini pun mengusung tajuk Lenggahing Harjuno, Sultan, Takhta, dan Kedaulatan," ujar Penghageng KHP Nitya Budaya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Baca juga:

Pameran yang berlangsung hingga 28 Januari 2024 ini dapat dikunjungi pada Selasa-Minggu pukul 08.30-14.00 WIB sesuai jam operasional kunjungan wisata Keraton.

Tiket masuknya Rp 15.000 (domestik) dan Rp 20.000 (mancanegara) sudah termasuk tiket masuk wisata Keraton  Rp 20.000 (mancanegara).

Tiket bisa didapatkan melalui loket tiket di Pelataran Kamandungan Lor (Keben) Keraton Yogyakarta atau melalui pranala

Mengenal sosok Sultan dan menikmati sajian seni

Selain lebih mengenal sosok Sultan, lewat pameran ini masyarakat juga diajak berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Keraton Yogyakarta.

Pembukaan pameran dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2023 di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dengan menyajikan tiga karya seni ciptaan Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10, yaitu Wayang Wong lakon Gana Kalajaya, Beksan Ajisaka, dan Bedhaya Mintaraga.

Baca juga: 5 Beda Keraton Solo dan Pura Mangkunegaran, Jangan Sampai Keliru

Penghageng Kawedanan Kridhamardawa KPH Notonegoro menyampaikan bahwa Beksan Ajisaka dan Bedhaya Mintaraga adalah tarian ciptaan Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10.

"Selain itu, Beksan Ajisaka merupakan beksan kakung pertama yang diciptakan Ngarsa Dalem dan beberapa kali ditampilkan dalam seremonial atau penyambutan tamu skala nasional dan internasional."

"Sedangkan Bedhaya Mintaraga termasuk Yasan Dalem baru, sehingga ini jadi kesempatan untuk ditampilkan dan dapat disaksikan langsung oleh masyarakat," ucap Kanjeng Noto, sapaan akrabnya. 

Adapun Bedhaya Mintaraga adalah tarian yang bersumber pada piwulang dalem serat "Lenggahing Harjuna" sebagai sajian puncak rangkaian pembukaan pameran.

Baca juga: Museum Kereta Keraton Yogyakarta: Jam Buka dan Harga Tiket Terkini

Sementara itu, lakon Ganakalajaya dipilih sebagai sajian pertunjukan pembukaan pameran karena dinilai memiliki variasi yang beragam dari sisi gerak dan tokoh yang ditampilkan.

"Wayang wong lakon Gana Kalajaya menampilkan beragam tokoh jadi gerak tari, kostum, pocapan, lebih variatif. Tentunya memperkaya jalan cerita dan menimbulkan kesan yang semarak bagi audiens," tutup Kanjeng Noto.

Adapun ruang pameran Lenggahing Harjuna ini berada di sebelah timur Pelataran Kedhaton Keraton Yogyakarta.

@kompastravel Jawa Timur ternyata punya padang sabana guys! Cantik banget.. Mimin sih betul-betul berasa kayak lagi di Afrika.. Tunggu full review-nya yaa guys!! #jawatimurhits #tamannasionalbaluran #explorejawatimur #padangsabana ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com