Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata Anak Gratis di Yogyakarta, Bisa Sambil Belajar

Kompas.com - 18/10/2023, 14:49 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana mengajak anak-anak berlibur di Yogyakarta? Menariknya, ada sejumlah tempat wisata anak gratis di Yogyakarta yang bisa menjadi alternatif liburan hemat biaya (low budget).

Meskipun gratis, namun tempat wisata anak gratis di Yogyakarta tidak kalah menarik, lho. Obyek wisata tersebut menawarkan beragam daya tarik bagi anak-anak, seperti wahana seru dan pemandangan indah.

Baca juga:

Tempat wisata anak gratis di Yogyakarta

Kompas.com merangkum tempat wisata anak gratis di Yogyakarta sebagai berikut:

1. Studio Alam Gamplong 

Trem di Studio Alam Gamplong, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Trem di Studio Alam Gamplong, Yogyakarta.

Studio Alam Gamplong merupakan tempat pengambilan gambar film milik sutradara Hanung Bramantyo yang dijadikan obyek wisata. Lokasinya berada di Dusun Gamplong, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Sleman.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com  (29/12/2019), pengunjung dapat melihat aneka bangunan yang digunakan sebagai latar belakang film garapan Hanung Bramantyo.

Sejumlah film yang mengambil gambar di lokasi ini adalah Sultan Agung: The Untold Love Story dan Bumi Manusia. Obyek wisata ini sangat cocok untuk berfoto. Selain itu, terdapat kereta kuno serta kolam ikan bagi anak-anak.  

Pengunjung tidak dipungut tiket masuk, namun ada tiket untuk sejumlah wahana yang berada di obyek wisata ini.

2. Alun-alun Kidul 

Ilustrasi pengunjung Alun-alun Kidul Yogyakarta sedang naik mobil hias warna-warni.SHUTTERSTOCK/ARIEFRAHK Ilustrasi pengunjung Alun-alun Kidul Yogyakarta sedang naik mobil hias warna-warni.

Alun-alun Kidul atau dikenal sebagai Alkid merupakan salah satu ikon wisata Kota Gudeg. Wisata malam hari ini juga bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

Tersedia wahana becak warna-warni yang akan mengantarkan anak-anak berkeliling Alun-alun Kidul. Namun, pengunjung tetap harus membeli tiket becak warna-warni.

Selain itu, ada beragam kuliner murah meriah di kawasan wisata ini, seperti angkringan, wedang ronde, jagung bakar, sosis bakar, dan sebagainya.

Aktivitas wisata di Alun-alun Kidul yang terkenal adalah melewati pohon beringin kembar di tengah alun-alun dengan menutup mata. Menurut kepercayaan setempat, orang bagi yang bisa melewati pohon tersebut dengan lurus sambil menutup mata, maka impiannya bisa tercapai. 

3. Jalan Malioboro 

Ilustrasi Jalan Malioboro Yogyakarta.Shutterstock Ilustrasi Jalan Malioboro Yogyakarta.

Berlibur ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Jalan Malioboro yang ikonik. Orang tua bisa mengajak anak-anak membeli beragam pernak-pernik oleh-oleh khas Kota Gudeg.

Wisatawan dapat menikmati suasana Jalan Malioboro secara gratis. Lokasinya sangat strategis di dekat atraksi wisata lainnya, seperti Stasiun Tugu, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Anak-anak bisa naik delman berkeliling kawasan wisata dekat Malioboro. Namun tentunya wisatawan harus membayar tarif naik delman.

Baca juga:

4. Lemah Rubuh 

Wisata Lemah Rubuh di YogyakartaWikimedia Commons Wisata Lemah Rubuh di Yogyakarta

Obyek wisata yang satu ini bisa mendekatkan anak-anak dengan alam. Lokasinya berada di Dusun Lemah Rubuh, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Daya tarik Lemah Rubuh adalah panorama sungai dan perbukitan hijau. Di tepi sungai, terdapat spot foto Instagramable berbentuk sangkar dari anyaman bambu, seperti dikutip dari Tribun Jogja.

Selain menikmati pemandangan, anak-anak bisa berfoto dengan latar belakang sungai dan perbukitan hijau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com