Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta, Ada Sumbu Filosofi 

Kompas.com - 16/10/2023, 14:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Yogyakarta merupakan salah satu magnet wisata Indonesia yang menawarkan beragam destinasi menarik. Tak hanya indah, wisata Yogyakarta juga tergolong ramah kantong.

Bahkan, ada sejumlah tempat wisata gratis di Yogyakarta. Bagi budget traveller, tempat wisata gratis di Yogyakarta bisa menjadi alternatif destinasi.

Baca juga:

Meskipun gratis, tempat wisata gratis di Yogyakarta tidak kalah menarik, lho. Wisatawan bisa menjelajahi titik Sumbu Filosofi Yogyakarta, destinasi sejarah, dan alam.

Tempat wisata gratis di Yogyakarta

Kompas.com merangkum tempat wisata gratis di Yogyakarta, sebagai berikut:

1. Jalan Malioboro 

Ilustrasi Jalan Malioboro Yogyakarta, salah satu wisata gratis di YogyakartaShutterstock Ilustrasi Jalan Malioboro Yogyakarta, salah satu wisata gratis di Yogyakarta

Berlibur ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Jalan Malioboro yang ikonik. Berada di jantung Kota Yogyakarta, wisatawan bisa belanja beragam pernak-pernik oleh-oleh khas Kota Gudeg.

Wisatawan dapat menikmati suasana Jalan Malioboro secara gratis. Lokasinya sangat strategis di dekat atraksi wisata lainnya, seperti Stasiun Tugu, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Sebagai obyek wisata, Jalan Malioboro memiliki sejarah serta sarat makna filosofis berkaitan dengan Keraton Yogyakarta. Jalan Malioboro merupakan bagian dari konsep catur gatra tunggal atau empat unsur sebuah kota, meliputi istana kerajaan, alun-alun, masjid, dan pasar atau pusat perekonomian.

2. Alun-alun Kidul 

Penampakan pohon beringin kembar di Alun-alun Selatan atau Alun-alun Kidul Yogyakarta.
Shutterstock/Pambudi Yoga Perdana Penampakan pohon beringin kembar di Alun-alun Selatan atau Alun-alun Kidul Yogyakarta.

Jika mencari wisata Yogyakarta malam hari, maka Alun-alun Kidul atau dikenal sebagai Alkid bisa menjadi pilihan. Wisata malam hari ini juga bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung.

Ada beragam pilihan kuliner murah meriah yang bisa dinikmati seperti angkringan, wedang ronde, jagung bakar, sosis bakar, dan sebagainya.

Aktivitas wisata di Alun-alun Kidul yang terkenal adalah melewati pohon beringin kembar di tengah alun-alun dengan menutup mata. Menurut kepercayaan setempat, orang bagi yang bisa melewati pohon tersebut dengan lurus sambil menutup mata, maka impiannya bisa tercapai. 

Wisatawan juga bisa berkeliling Alun-alun Kidul naik becak yang dihiasi lampu warna-warni. Dari Jalan Malioboro, jaraknya sekitar 2,8 km atau 11 menit berkendara.

3. Titik Nol Kilometer 

Lokasi Titik Nol Kilometer di Malioboro, Yogyakarta. Shutterstock/Asep Dwi Kurniawan Lokasi Titik Nol Kilometer di Malioboro, Yogyakarta.

Wisatawan juga bisa nongkrong gratis sambil menikmati suasana Yogyakarta di Titik Nol Kilometer.

Titik nol kilometer Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata populer di Kota Gudeg yang tidak pernah sepi dari wisatawan.

Kawasan ini dikelilingi dengan tempat bersejarah. Bahkan, beberapa diantaranya jarang diketahui wisatawan umum.

Titik nol kilometer Yogyakarta berada di persimpangan yang mempertemukan empat ruas jalan, yaitu Jalan KH. Ahmad Dahlan dari sisi barat, Jalan Margo Mulyo dari sisi utara, Jalan Panembahan Senopati dari sisi timur, dan Jalan Pangurakan dari sisi selatan.

4. Istana Kepresidenan Gedung Agung

Istana Kepresiden Gedung Agung YogyakartaKompas.com/Wijaya Kusuma Istana Kepresiden Gedung Agung Yogyakarta

Masih berada di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta, wisatawan bisa menjumpai Istana Kepresidenan Gedung Agung. Salah satu Istana Kepresidenan RI ini, merupakan bangunan sarat nilai sejarah, karena menjadi saksi berbagai peristiwa penting di Yogyakarta.

Gedung Agung selesai dibangun pada 1832. Gedung tersebut dipakai sebagai tempat tinggal para residen dan Gubernur Belanda di Yogyakarta. Bangunan ini sempat rusak berat pada saat terjadi gempa bumi besar pada 1867.

Dari 1946 hingga 1949, gedung ini menjadi tempat kediaman resmi Presiden Soekarno, saat Kota Yogyakarta menjadi ibu kota Indonesia. Wisatawan bisa masuk ke area Istana Kepresidenan Gedung Agung secara gratis, namun harus reservasi dulu karena kuotanya terbatas.

Baca juga:

5. Tugu Jogja 

Tugu Jogja.Shutterstock Tugu Jogja.

Pada September 2023 lalu, UNESCO menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta sebagai Warisan Dunia kategori budaya. Adapun salah satu titik di Sumbu Filosofi Yogyakarta adalah Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih.

Wisatawan yang berkunjung ke Kota Gudeg bisa menikmati kawasan Tugu Jogja dengan gratis. Tempat bersejarah ini berada di persimpangan antara Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Marga Utama (dulunya Jalan Mangkubumi), Jalan Diponegoro, dan Jalan AM. Sangaji.

Pada malam hari, kawasan Tugu Jogja ramai dikunjungi wisatawan yang ingin hunting foto atau sekadar nongkrong melihat lalu lalang kendaraan. Tugu yang dulunya bernama Tugu Golong Gilig ini dibangun pada 1755 saat masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I, seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com