Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah ke Museum Petilasan Mbah Maridjan Naik Kendaraan Pribadi?

Kompas.com - 22/10/2023, 10:05 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Jip Wisata Lava Tour Merapi memang jadi andalan wisatawan untuk menjelajah destinasi sisi selatan Gunung Merapi.

Ada beberapa tempat wisata yang masuk dalam paket wisata itu. Sebagian besar merupakan tempat yang terdampak erupsi Gunung Merapi.

Salah satu tempat wisata yang biasanya dilalui paket wisata Lava Tour Merapi adalah Museum Petilasan Mbah Maridjan.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata di Museum Petilasan Mbah Maridjan

Dengan ikut Lava Tour, akan ada pemandu yang menceritakan seputar erupsi Merapi 2010 yang menghancurkan tempat yang dulunya merupakan rumah mantan juru kunci Gunung Merapi, yakni Mbah Maridjan.

Adapun ikut paket wisata Lava Tour Merapi memang menyenangkan. Namun, apakah menuju Museum Petilasan Mbah Maridjan harus naik jip wisata?

Naik kendaraan pribadi ke Museum Petilasan Mbah Maridjan

Bagi mereka yang datang sendiri atau ingin berhemat, biasanya tidak memilih jip wisata Lava Tour Merapi.

Dilansir dari Kompas.com (26/9/2023), tarif Lava Tour Merapi paling murah adalah Rp 400.000 untuk 4-5 orang tergantung postur tubuh.

Baca juga: Koleksi di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Ada Tulang Belulang

Kabar baiknya, wisatawan yang datang sendiri atau ingin berhemat bisa naik kendaraan pribadi sampai area parkir Museum Petilasan Mbah Maridjan.

Gamelan yang Diterjang Awan Panas Merapi 2010 di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Minggu (24/9/2023)/KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gamelan yang Diterjang Awan Panas Merapi 2010 di Museum Petilasan Mbah Maridjan, Minggu (24/9/2023)/

Saat Kompas.com berkunjung pada Minggu (24/9/2023), sepeda motor bisa dikendarai sampai area parkir. Tampak pula beberapa mobil pribadi wisatawan yang dikendarai sampai area parkir museum.

Apabila naik kendaraan pribadi, maka pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 4.000 di pos retribusi.

Baca juga: Wisata Sekitar Museum Petilasan Mbah Maridjan, Tampilkan Pesona Merapi

Selain itu, pengendara juga wajib hati-hati karena jalur yang dilalui juga dilewati jip-jip wisata. Pengendara harus mengalah dan menepi saat ada jip wisata yang melintas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com