Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pameran Lenggahing Harjuno di Keraton Yogyakarta, Catat Cara Berkunjungnya

Kompas.com - 22/10/2023, 20:39 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pameran Temporer Lenggahing Harjuno merupakan salah satu rangkaian acara perayaan 80 tahun usia Sri Sultan Hamengku Buwono X yang digelar di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Carik Kawedanan Radyo Kartiyoso RA Siti Amirul Nur Sundari menyampaikan bahwa rangkaian acara ini akan berlangsung sampai 28 Januari 2024.

Saat ini, kata Amirul, rangkaian kegiatan yang bisa diikuti oleh masyarakat umum yakni Pameran Temporer Lenggahing Harjuno.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-80 Sultan, Keraton Yogyakarta Gelar Pameran Lenggahing Harjuno

Ia melanjutkan, ke depannya akan ada berbagai acara yang digelar, khususnya pada saat puncak peringatan ulang tahun ke-80 Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diperingati pada 13 November 2023.

"Akan memperingati hari ulang tahun pada tanggal 13 November. Info terakhir yang saya terima, belum tahu apakah itu (acara ulang tahun) nanti akan diperlihatkan ke publik atau tidak," kata Amirul kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (22/10/2023).

Beberapa rangkaian kegiatan yang masih dalam tahap perencanaan, lanjutnya, meliputi workshop aksara jawa, kuratorial tur, dan pembuatan memoar Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selain itu, akan ada rangkaian pertemuan Lurah di seluruh Yogyakarta dengan sosok Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Karena sekarang (pamerannya) tentang Sri Sultan Hamengku Buwono X, jadi seperti mengenal lebih dekat dengan beliau," katanya.

Baca juga: 5 Beda Keraton Yogyakarta dan Solo, Berawal dari Perjanjian Jatisari

Acara pertemuan ini, kata Amirul, memang dikhususkan untuk Lurah se-Yogyakarta. Sementara masyarakat umum bisa melihat kegiatannya melalui akun youtube resmi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Pertemuan ini untuk pengetahuan yang lebih mendalam (mengenai sosok Sri Sultan Hamengku Buwono X). Mungkin dengan melihat secara visual, itu akan lebih mudah (memahami), daripada hanya mendengar," katanya.

Khusus masyarakat umum yang hendak mengenal lebih dekat dengan sosok Sri Sultan Hamengku Buwono X, bisa langsung berkunjung ke Pameran Temporer Lenggahing Harjuno.

Cara berkunjung ke Pameran Temporer Lenggahing Harjuno

Amirul mengatakan, bahwa Pameran Temporer Lenggahing Harjuno terbuka untuk masyarakat umum.

Sebelum masuk ke area pameran, pengunjung wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu. Adapun tiket masuknya dibanderol Rp 15.000 untuk wisatawan nusantara dan Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara.

"Pembelian tiket masuk bisa (dibeli) langsung di lokasi," katanya.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Anak Gratis di Yogyakarta, Bisa Sambil Belajar

Layanan pembelian tiket masuk dibuka setiap Selasa sampai Minggu, mulai pukul 08.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com