Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata di Vietnam yang Terkenal, Wajib Dikunjungi 

Kompas.com - 24/10/2023, 07:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Vietnam merupakan salah satu destinasi wisata luar negeri yang populer di kalangan wisatawan. Selain relatif terjangkau, Vietnam menawarkan paket komplit destinasi wisata.

Negeri Naga Biru ini, memiliki obyek wisata alam yang menawan dari pantai, sungai, hingga pegunungan. Pencinta sejarah juga akan menemukan beragam obyek wisata bersejarah yang beberapa diantaranya bahkan diakui sebagai Warisan Dunia UNESCO. 

Baca juga:

Dari semua destinasi tersebut, Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata di Vietnam yang terkenal. Wisatawan wajib berkunjung ke destinasi tersebut saat melancong ke salah satu Macan Asia ini.

1. Teluk Ha Long 

Ha Long Bay, VietnamShutterstock/Huy Thoai Ha Long Bay, Vietnam

Teluk Ha Long atau Ha Long Bay adalah salah satu wisata alam di Vietnam yang tidak boleh dilewatkan. Obyek wisata ikonik ini berada di Teluk Tonkin, dekat perbatasan China.

Daya tarik Ha Long Bay adalah keberadaaan sekitar 2.000 pulau kecil berupa batu karang yang dikelilingi lautan berwarna hijau toska. Dengan keindahannya tersebut, Teluk Ha Long dinobatkan sebagai Warisan Dunia UNESCO sejak 1994.

Ada beragam aktivitas wisata di kawasan teluk seluas 1.500 km persegi tersebut. Wisatawan bisa menjelajahi kawasan teluk dengan naik kayak, perahu, atau cruise, menyelam, berenang, dan memanjat tebing.

2. Phu Quoc 

Ilustrasi Vietnam - Sebuah pantai di Pulau Phu Quoc, Vietnam.SHUTTERSTOCK / By DeltaOFF Ilustrasi Vietnam - Sebuah pantai di Pulau Phu Quoc, Vietnam.

Vietnam adalah surga bagi pencinta pantai. Selain Ha Long, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai di Pulau Phu Quoc yang lokasinya dekat dengan Kamboja dan Thailand.

Dengan keindahan pasir putihnya, Pulau Phu Quoc dijuluki sebagai Pulau Mutiara (Pearl Island). Pulau Phu Quoc telah masuk dalam daftar Cagar Biosfer UNESCO sejak 2006.

Selain menikmati panorama pantai, wisatawan bisa menyaksikan keindahan terumbu karang, hutan tropis yang masih alami, dan mencicipi kuliner khas Pulau Phu Quoc.

3. Nha Trang

Ilustrasi Nha Trang di Vietnam. Dok. Unsplash/Tony Pham Ilustrasi Nha Trang di Vietnam.

Terletak di bagian selatan Vietnam, Nha Trang juga wajib dikunjungi bila ingin menikmati suasana pantai. Kota ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan sehingga memiliki sejumlah pantai yang indah.

Sejumlah pantai yang terkenal di kota tropis ini adalah Pantai Nha Trang, Long Beach, Tran Phu, Doc Let, dan Hon Chong. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih dan air laut yang berwarna biru jernih bak kristal.

Wisatawan juga bisa berlayar ke gugusan pulau kecil di dekat Teluk Nha Trang, antara lain Pulau Monyet, Pulau Hon Mun, dan Pulau Yen. 

4. Da Nang 

Ilustrasi pantai di Da Nang, Vietnam.Dok. Unsplash/Kiril Dobrev Ilustrasi pantai di Da Nang, Vietnam.

Da Nang merupakan salah satu kota wisata di Vietnam yang memiliki banyak pilihan destinasi. Salah satu pantai yang populer di Da Nang adalah Pantai My Khe, dengan ciri khaspasir putih dan pepohonan kelapa di bibir pantai.

Wisatawan juga bisa menjumpai Ba Na Hills yang merupakan pegunungan di sebelah barat Kota Da Nang. Ikon Ba Na Hills adalah Golden Bridge yang ditopang dengan patung tangan raksasa.

Adapula tempat wisata terkenal lainnya, seperti My Son Sanctuary, Marble Mountain, tur Sungai Han, dan sebagainya.

Baca juga:

5. Hoi An 

Malam hari di Hoi An, VietnamUnsplash/Patrick Pellegrini Malam hari di Hoi An, Vietnam

Hoi An juga adalah tempat wisata di Vietnam yang wajib dikunjungi oleh pencinta sejarah. Kawasan wisata ini berupa kota tua yang dilengkapi dengan arsitektur-arsitektur unik hasil perpaduan budaya China, Jepang, dan Eropa.

Dulunya, kota yang terletak di daerah Vietnam Tengah merupakan kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan pada abad ke-15 hingga ke-19. Sebagai pusat perdagangan, Hoi An dipenuhi oleh para pedagang dari China, Jepang, dan Eropa yang mewariskan perpaduan unik arsitektur kota tua tersebut.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi, antara lain Japanese Bridge, Tan Ky, dan Phuc Kien Assembly Hall. Dengan kekayaan sejarahnya tersebut, Hoi An ditetapkan sebagai Situs Cagar Budaya Nasional Vietnam dan Situs Cagar Budaya Khusus UNESCO.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com