Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Aktivitas di Wisata Agro Kaligua Brebes, Jelajah Kebun Teh dan Goa

Kompas.com - 27/10/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisata Agro Kaligua adalah kebun teh seluas 620 hektare yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Kebun teh Kaligua merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang populer di Kabupaten Brebes.

Koordinator Wisata Agro Kaligua, Suroso mengatakan, kebun teh Kaligua merupakan peninggalan masa kolonial Belanda, yang didirikan pada 1832. Sempat berpindah tangan ke Jepang, kini kebun teh Kaligua dikelola oleh PTPN IX bersama dengan pemerintah Kabupaten Brebes.

“Sejak dibuka, lahan perkebunan teh Kaligua pengelola awalnya Belanda. Ketika Jepang masuk Indonesia, tanaman teh dirusak kemudian diganti tanaman pangan, semacam jagung dan singkong. Lalu, kembali jadi kebun teh ketika Belanda masuk lagi ke Indonesia,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Baca juga:

Pada 2003, kebun teh Kaligua dikelola secara komersial menjadi Wisata Agro Kaligua.

Harga tiket masuk Wisata Agro Kaligua cukup ramah kantong, yakni Rp 20.000 per orang berlaku untuk weekday dan weekend. Dengan tarif tersebut, Suroso bilang wisatawan sudah bisa menjelajahi area kebun teh Kaligua, kecuali jembatan kayu dan pabrik teh.

Tak hanya menikmati panorama hamparan kebun teh hijau, ada beragam aktivitas wisata menarik di Wisata Agro Kaligua yang bisa dinikamti pengunjung segala usia. Berikut sejumlah aktivitas wisata di Wisata Agro Kaligua yang dapat dilakukan pengunjung.

1. Menjelajahi kebun teh 

Hamparan kebun teh di Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.
Shutterstock/Silviasih Hamparan kebun teh di Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.

Wisatawan bisa menjelajahi area kebun teh Kaligua seluas 620 hektare. Berada di ketinggian 1.500-2.050 mdpl, Wisata Agro Kaligua tidak hanya menawarkan pemandangan indah hamparan kebun teh, tetapi juga udara sejuk.

Jika beruntung, wisatawan bisa menjumpai pekerja yang sedang memetik daun teh. Setiap sudut di kebun teh Kaligua, menawarkan pemandangan yang Instagramable sehingga wajib diabadikan dalam foto.

2. Melihat sunrise di Puncak Sakub 

Puncak Sakub, puncak tertinggi di kebun teh Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.
Shutterstock/Wahyu Suryo Puncak Sakub, puncak tertinggi di kebun teh Wisata Agro Kaligua, Brebes, yang merupakan kebun teh legendaris sejak zaman Belanda.

Salah satu spot populer di Wisata Agro Kaligua adalah Puncak Sakub. Suroso mengatakan, Puncak Sakub adalah titik tertinggi di kawasan Wisata Agro Kaligua di ketinggian 2.050 mdpl.

Dari lokasi inilah, wisatawan bisa menyaksikan panorama Gunung Slamet dan Gunung Cermai, khususnya di pagi hari.

“Kebanyakan wisatawan naik Puncak Sakub pada pagi hari, setelah Subuh untuk melihat matahati terbit. Jadi Gunung Slamet bisa kelihatan utuh sampai ke kaki gunung,” ujarnya.

Namun, ia mengimbau wisatawan tidak melakukan camping atau berkemah di kawasan Puncak Sakub lantaran lokasinya jauh dari pengawasan pengelola dan berada dekat hutan lindung yang rawan binatang buas maupun tindakan kriminal.

“Tadi, ada saja yang tetap nekat untuk camping di sana. Kami sudah memberikan peringatan, kalau terjadi sesuatu itu di luar tanggung jawab kami sebagai pengelola wisata dan PTPN IX Kebun Teh Kaligua,” tegasnya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com