Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Malaysia Ditargetkan Naik 15 Persen Lewat Bandara Kertajati

Kompas.com - 31/10/2023, 10:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia yang datang ke Indonesia meningkat hingga 15 persen lewat Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

"Kita sedang menghitung, tapi targetnya akan menambah 10 sampai 15 persen tambahan kunjungan wisatawan dari malaysia pada 2024-2025," kata Sandi dalam program The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Ia melanjutkan, Malaysia merupakan negara penyumbang wisatawan paling banyak ke Indonesia. Maka dari itu, Malaysia menjadi target utama untuk berkunjung ke Indonesia lewat Bandara Kertajati.

Baca juga: Jangan Khawatir, Transportasi dari Bandara Kertajati ke Tempat Wisata Sudah Tersedia

Selain Malaysia, Sandi juga menargetkan wisman di negara-negara ASEAN untuk berkunjung ke Indonesia lewat Bandara Internasional Kertajati.

Sedangkan untuk pergerakan wisatawan nusantara (wisnus), Sandi menargetkan peningkatan pergerakan wisnus hingga 250 juta pergerakan lewat Bandara Internasional Kertajati.

Daya tarik Bandara Kertajati

Sandi memaparkan ada beberapa insentif yang diperoleh jika terbang dari Bandara Kertajati, salah satunya yaitu tarif tiket pesawat yang cenderung lebih murah.

"Ada beberapa insentif, seperti misalnya (penerbangan) ke Bali (dari Bandara Internasional Kertajati) hanya Rp 800.000, sementara kalau (berangkat ke Bali) dari Jakarta tiketnya Rp 1,4 juta," katanya.

Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.SHUTTERSTOCK/DENDROBIUM.LABORATORY Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Selain itu, tambahnya, akses menuju Bandara Kertajati dari Bandung saat ini mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh.

"Sudah tersedia jalan tol (dari Bandung), maupun dari kota-kota lain di Jawa Barat dan Jawa bagian barat. Ini merupakan suatu alternatif untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara," pungkas Sandi.

Baca juga: Wisata Sekitar Bandara Kertajati, Lengkap dari Alam hingga Sejarah

Penumpang yang turun di Bandara Kertajati juga bisa sekalian berwisata. Ada sejumlah tempat wisata yang tidak jauh dari Bandara Kertajati, seperti Terasering Panyaweunan di Majalengka dan Keraton Kasepuhan di Cirebon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com